Buku ini memberikan penjelasan mengenai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang tampil sebagai paradigma baru dalam pengembangan pendidikan berbasis kebutuhan masyarajat dengan meninggikan kualitas mutu.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai keniscayaan dari kompetensi dan sertifikasi bagi profesi guru.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai jawaban dari kekisruhan perubahan kurikulum dan menjembatani kepentingan para guru dalam mengembangkan SKKD pada setiap satuan pendidikan.
Buku ini disajikan dengan bahasa yang cukup sederhana, agar dapat dimanfaatkan secara efektif oleh para guru, calon guru, kepala sekolah, komite sekolah, dewan pendidikan, dan komisi pendidikan guna memahami dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di sekolah.
KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan.
Buku ini mengajak anda mengarungi samudera pendidikan, dan dunia guru yang sangat luas,yang tidak hanya berbicara masalah pencerdasan intelektual,tetapi mencakup bidan gkecerdasan emosional,kreativitas,dan kecerdasan spiritual.
Kebijakan perubahan kurikulum politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam batas-batas tertentu dapat dipolitisir untuk kepentingan kekuasaan. Sebagai barang baru, kurikulum 2004 akan menghadapi berbagai masalah dan tantangan dalam implementasinya di lapangan.
Buku ini bermaksud merespons kekisruhan perubahan kurikulum dan menjembatani kepentingan para guru dalam mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi Dasar(SKKD) pada setiap tingkat pendidikan,sekaligus sangat bermanfaat bagi para pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan.
Buku ini berupaya memformulasikan suatu konsep dan cara praktis kepada para mahasiswa, guru, pengawas, dan kepala sekolah dalam melakukan PTS.