Buku ini disajikan dengan bahasa yang cukup sederhana, agar dapat dimanfaatkan secara efektif oleh para guru, calon guru, kepala sekolah, komite sekolah, dewan pendidikan, dan komisi pendidikan guna memahami dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di sekolah.
Kebijakan perubahan kurikulum politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam batas-batas tertentu dapat dipolitisir untuk kepentingan kekuasaan. Sebagai barang baru, kurikulum 2004 akan menghadapi berbagai masalah dan tantangan dalam implementasinya di lapangan.
kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang paling fenomenal sejak berlakunya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan adalah pelaksanaan mbs dan kbk.
dalam kerangka tersebutlah manajemen berbasis sekolah (mbs) tampil sebagai paradigma baru pengembangan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat sekitarnya dengan tekanan pada peningkatan mutu terpadu/ total quality management (tqm).