Organisasi saat ini menghadapi persaingan yang sangat tajam. Tidak terkecuali perpustakaan. Perpustakaan memang tidak bersaing dengan perpustakaan lain, namun kompetitor perpustakaan semakin banyak. Sebut saja sumber informasi yang berasal dari internet yang kita kenal dengan koleksi digital. Informasi tersebut tidak hanya yang bersifat hiburan, namun juga yang bersifat akademis. Agar perpustak…
Dalam era globalisasi yang semakin berkembang pesat, digitalisasi menjadi faktor utama yang mendorong transformasi di berbagai sektor, termasuk pemerintahan. Buku ini hadir untuk memberikan wawasan dan pemahaman mendalam tentang bagaimana digitalisasi mampu mengubah tata kelola pemerintahan, meningkatkan efisiensi, serta memperkuat transparansi dan akuntabilitas publik. Melalui digitalisasi, p…
Buku ini merupakan buku teks yang mana terdiri dari enam bagian yang disusun secara sistematis. Susunan diawali dengan penjelasan awal tentang perilaku kerjasama antar individu, konsep dan praktis kerjasama dilembaga informasi, lalu diikuti oleh pengalaman informasi dan pengerucut pada analisis. lalu ditutup dengan refleksi atas fenomena kerja sama lembaga informasi. berbekal dari observasi dan…
Kegiatan Librarian Talks atau Libtalk merupakan kegiatan yang mempromosikan layanan referensi Perpustakaan Nasional dalam bentuk diskusi santai. Libtalks menjadi kendaraan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara untuk mengembangkan layanan referensi di Indonesia. Hal ini tergambar melalui pemilihan materi dalam Libtalk. Pada bulan Oktober 2021, diselenggarakan Libt…
Buku Materi Pokok (BMP) PUST4104 Layanan Perpustakaan ini, berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan dasar-dasar layanan perpustakaan, layanan sirkulasi bahan pustaka, layanan referensi, layanan literatur, pendidikan pemustaka, promosi layanan perpustakaan dan pengembangan minat baca, peningkatan kualitas layanan perpustakaan, serta kerjasama antarperpustakaan dalam pelayanan informasi dan …
Saat ini, banyak dijumpai para pelaku bisnis yang hanya fokus berjualan saja. Padahal, jika mereka menerapkan strategi pelayanan, tentunya akan meningkatkan income mereka dua sampai tiga kali lipat dari sebelumnya. Dalam buku ini, Anda akan mempelajari bagaimana memiliki bisnis yang bukan hanya sekadar jualan. Dengan menggunakan beberapa contoh dan analogi yang sederhana, para pelaku bisnis dia…
Standar ini memberikan panduan untuk merencanakan, mendesain, mengembangkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan sistem transaksi perdagangan elektronik antara bisnis ke konsumen (B2C ECT) yang efektif dan efisien dalam organisasi. Standar ini berlaku untuk organisasi apapun yang terlibat dalam, atau merencanakan untuk terlibat dalam, transaksi perdagangan elektronik antara bisnis ke ko…
Dengan perekonomian-perekonomian global berubah begitu cepat, kita boleh dibilang tidak siap menghadapi permintaan layanan yang datang siang dan malam dari seluruh dunia. Kita menjanjikan kepuasan kepada pelanggan kita, lalu membiarkan politik internal dan metode-metode yang tidak efisien menjegal kemampuan kita untuk memenuhi janji itu. Dengan layanan menjadi bagian yang begitu penting dari ke…
Buku Manajemen Diklat Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit diterbitkan dengan tujuan memberikan penjelasan mengenai pentingnya merancang model diklat sesuai kebutuhan rumah sakit dalam rangka meningkatkan kinerja rumah sakit. Buku ini terdiri dari 4 bab, bab pertama memuat tentang pengantar kepemimpinan, selanjutnya pada bab dua berisi konsep manajemen organisasi, bab tiga berisi tentang mana…
Buku ini membahas secara panjang lebar tentang kualitas pelayan publik baik ditinjau dari segi konsep, dimensi, indikator maupun dari sisi implementasinya. Buku ini sangat cocok dibaca oleh berbagai segmen masyarakat, terutama para dosen dan mahasiswa S1, S2 atau S3 yang relevan dan terkait dengan bidang studi ilmu administrasi publik serta para birokrat atau pejabat publik yang selalu melakuka…
Pelayanan publik merupakan salah satu pokok bahasan yang paling banyak diperhatikan dan dibicarakan baik oleh masyarakat sebagai penerima pelayanan maupun oleh praktisi dan akademisi.
Buku ini memberikan informasi mengenai standar penyelenggaraan layanan kemanusiaan dalam bencana, yaitu penetapan persyaratan minimum bagpenyedia layanan kemanusiaan dalam memenuhi kebutuhan dasar umum, perlindungan, pasokan air, sanitasi, promosi higiene (hidup bersih dan sehat), ketahanan pangan, gizi, bantuan pangan dan sejenisnya.
Membahas aktivitas-aktivitas dalam tahap penyusunan agenda setting, formula kebijakan, tahap legitimasi pengambilan keputusan kebijakan, dan implementasi kebiajakan dst.
pelayanan prima dalam suatu organisasi publik sudah menjadi suatu kewajiban. salahs satu unsur pelayanan prima yaitu dapat memuaskan layanan pelanggan dengan kualitas kompetensi layanan yang profesional dengan karakteristik tranparansi, akuntabel, dan kondisional.
Industri jasa telah mendominiasi perekonomian hampir di semua negara industri. perkembangan sektor jasa khususnya dalam era high tech dan era digital telah memberikan tentangan yang semakin intensif.
Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan bahkan dapat dikatakan bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia itu sendiri.
buku ini membahas secara panjang lebar tentang kualitas pelayanan publik, baik ditinjau dari segi konsep, dimensi, indikator maupun dari sisi implementasinya.
Indira kaget bukan kepalang. ia hanya bisa mengelus dada selama menunggui neneknya menjalani rawat inap di rsud dr. rasidin, kota padang, sumatera barat.
Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.