Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan-pesan dari seseorang kepada orang lain secara timbal balik (two way traffic communication). Sedangkan penyuluhan pertanian adalah proses pembelajaran pelaku utama dalam hal ini adalah petani dan keluarganya serta pelaku usaha agar tercapai tujuan dari pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan peningkatan modal s…
Peternak sebagai bagian dari ""Farmer"" memiliki: karakteristik dan perilaku sosial yang hampir sama dengan petani kecil pada umumnya. Karakteristik dan perilaku sangat dipengaruhi pula oleh kondisi topografi wilayah, system pemerintahan setempat, maupun iklim setempat. Penggunaan tenaga kerja yang lebih mempercayai keluarga dibandingka tenaga kerja diluar keluarga menjadi salah satu diantara…
Kegiatan usaha ternak bertujuan untuk meningkatkan pendapatan peternak. Hanya saja banyak faktor yang membuat tujuan tersebut tidak dapat terwujud secara maksimal. Peternak seringkali tidak memiliki catatan terkait kegiatan usahanya karena dianggap rumit dan semua data sudah terekam di dalam benak/fikiran berdasarkan pengalaman. Pelaku usaha ternak tidak mengetahui apakah kegiatan usahanya meng…
Membuat pupuk organik tidaklah sulit, dengan bahan baku yang ada disekitar siapapun dapat membuatnya. Pupuk organik bagi peternak dapat menjadi nilai tambah dari usaha ternak yang dijalankan. Peternak dapat dengan mudah dan cara yang sederhana memanfaatkan limbah pakan dan kotoran ternaknya menjadi pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dapat berupa pupuk organik padat maupun cair. Secara sed…
Pembangunan daerah sangat ditentukan oleh potensi yang dimiliki oleh suatu daerah, maka kebijaksanaan yang dibuat oleh pemerintah daerah harus mengacu kepada potensi daerah yang berpeluang untuk dikembangkan, khususnya sektor pertanian.
Pengembangan klomoditas unggulan merupakan konsep dimana kabupaten/wilayah memiliki produk unggul, yaitu produk atau komoditas yang dipilih sebagai produk unggul karena melibatkan masyarakat banyak, berbasis sumberdaya lokal dan memiliki peluang pasa serta unik.
Pengembangan komoditas unggulan merupakan konsep dimana kapupaten/wilayah memiliki produk unggulan, yaitu produk atau komoditas yang dipilih sebagai produk unggul karena melibatkan masyarakat banyak, berbasis sumberdaya lokal dan memiliki peluang pasar serta unik.
Diktat ini disusun untuk melengkapi buku-buku yang ada terkait dengan mata kuliah penyuluhan dan komunikasi pertanian di perguruan tinggi khususnya fakultas pertanian.