Matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi sebagian peserta didik. Bagi guru, masih dijumpai beberapa kendala ketika membelajarkan Matematika. Salah satu kendala yang ditemui adalah ketika membuat visualisasi objek matematika. Visualisasi ini sangat penting untuk membelajarkan Matematika terlebih untuk materi yang abstrak. Saat ini telah ada aplikasi yang membantu menampilkan v…
Model pembelajaran kooperatif pada prinsipnya memiliki perbedaan mendasar dengan pembelajaran kelompok. Terdapat unsur utama dalam pembelajaran kooperatif yang menjadikannya berbeda dengan pembelajaran kelompok pada umumnya. Pelaksanaan prinsip dasar pembelajaran kooperatif memungkinkan guru untuk mengelola kelas secara lebih efektif dan efisien. Pada proses pembelajaran menggunakan model koope…
Dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru tersirat bahwa kepala sekolah/madrasah dapat melakukan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan pengelolaan di sekolah/madrasah sekaligus pula sebagai sarana pengembangan profesi kepala sekolah/madrasah secara pribadi. PTS merupa…
Abah berjalan mendahuluiku sambil menuntun motor. Aku mengekor di belakangnya. Kutatap punggung Abah sambil menahan sesak di dada. Mataku perih, aku kesulitan membendung sesuatu yang sudah kutahan-tahan sejak dari rumah. Aku sebenarnya tahu, di rumah sebelum berangkat tadi, Abah keluar untuk mencari pinjaman dan Abah baru saja berbohong mengatakan dompetnya tertinggal. Sambil menunggu motor …