Buku ini merupakan bagian dari pengayaan literatur-literatur mengenai metodologi penelitian yang sudah banyak ditulis.
buku ini disajikan untuk membantu mahasiswa dalam menemukan sumber informasi tentang cara mengadakan penelitian disampaikan tentang urutan langkah dalam mengadakan penelitian.
Buku panduan penelitian pendidikan yang menekankan pada metode operasional penelitian dan yang dilengkapi dengan konsep-konsep praktis serta langkah-langkah penelitian secara menyeluruh dari awal hingga akhir jarang ditemui.
buku ini berisi bagaimaa proses suatu penelitian: suatu kerangka umum, pengembangan instrumen pengumpulan data, berbagai metode dan macam penelitian, rancangan-rancangan eksperimental dan peranan statistika dan komputer dalam penelitian.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai strategi penelitian sosial yang meliputi teori etika penelitian, memformulasikan masalah penelitian, meningkatkan kualitas data, memproduksi data, dan analisis data.
Melakukan suatu penelitian bagi sebagian orang dianggap sebagai tugas akhir yang menakutkan karena sulit dan rumit untuk dikerjakan.
Buku ini meliputi uraian mengenai metode kajian hukum yang akan menjali pilihan dalam mengkaji suatu kajian hukum secara konsisten.
buku teks yang awalnya merupakan buku bahan ajar matakuliah analisis penelitian kualitatif lanjut ini ditunjukan untuk membekali pembaca dan peneliti terutama mahasiswa tentang teknik dan metode penelitian terutama mahasiswa tentang teknik dan metode penelitian kualitatif serta bagaimana membuat laporan penelitian yang benar sesuai dengan metodologi penelitian kualitatif.
Buku ini diharapkan membawa manfaat sebesar-besarnya mengingat semangat dan kesadaran mengkaji alquran semakin besar vdan luas.
Penelitian keperawatan adalah suatu proses penyelidikan atau usaha yang sistematis, terkendali, empiris, teliti dan kritis terhadap fenomena-fenomena untuk mencari suatu fakta-fakta, teori baru, hipotesis dan kebenaran.
Untuk penulisan laporan, skripsi, thesis dan disertasi.
Hakikat metodologi penelitian tidak terletak pada "apa"yang kita ketahui, melainkan pada "bagaimana cara" mengetahui sesuatu. dalam pohon ilmu, metodologi adalah bagian dari epistemologi.
Banyak orang tidak melakukan penelitian karena kemiskinan material dan metodologi. kemiskinan mateerial dapat berupa kebingungan dengan apa yang akan diteliti yang bersifat substantif.