Buku panduan ini berisi tentang program-program pembelajaran yang kiranya dapat digunakan para peserta pelatihan membantu sekolah dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi agar sekolah dapat meningkatkan efektifitas dalam memberikan peluang pendidikan kepada generasi muda di negeri ini. Dengan mengikuti panduan ini, para peserta akan diarahkan untuk dapt memecahkan masalah-masalah dan mene…
Buku-buku pembelajaran secara umum sangat banyak dan dibutuhkan terhadap pendalaman ilmu pengetahuan atau menjadi pedoman implementasi bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Namun, buku-buku strategi mengajar khususnya pada bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Indonesia ini bisa diklasifikasikan masih terbatas sehingga penulis menetapkan penyusunan buku ini sebagai tujuan …
Olahraga atletik merupakan induk dari semua cabang olahraga “yang biasa disebut dengan “Atletic is a Mother or Atletic is a Root” artinya semua gerakan-gerakan dasar yang terdapat pada semua kecabangan olahraga, adalah gerakan-gerakan dasar dari atletik, yaitu jalan, lari, lompat dan lempar. Juga terdapat nomor perlombaan khusus seperti; jalan cepat, lari halangan rintang dan lari lintas …
Strategi pembelajaran ialah cara yang dipakai untuk memilih aktivitas pembelajaran yang nantinya dipakai untuk proses pembelajaran (Zainal, 2013). Stratagi pembelajaran terdiri dari semua komponen materi pelajaran dan prosedur aktivitas belajar yang dipakai pengajar untuk memberikan bantuan kepada siswa agar tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan bisa tercapai. Ismail SM (2008) menjelaskan b…
Dengan semakin majunya teknologi dan sistem informasi mengharuskan pemerhati pendidikan, yakni di dalamnya termasuk guru dan dosen, berbenah untuk menghadapi tantangan global. Dalam menyampaikan materi atau konten dalam suatu pembelajaran, media pembelajaran memberi dampak signifikan khususnya dalam menarik minat belajar. Buku ini dibuat bagi siapa saja yang tertarik dalam dunia belajar dan me…
Buku ini berjudul ”Pembelajaran Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill)”, yang memiliki makna bahwa metode pembelajaran dalam konteks pendidikan global diharapkan dapat mendukung tujuan pendidikan untuk meningkatkan: Keterampilan untuk Belajar (Learning Skill), Keterampilan untuk Hidup (Life Skill), dan Keterampilan Literasi. Tujuan pembelajaran dalam mendukun…
Pendidikan saat ini dihadapkan dengan tantangan besar abad 21. Suatu era yang dinamai Revolusi Industri 4.0 bercirikan serba digitalisasi, teknologi multifungsi, hingga hadirnya kecerdasan buatan (artificial intelligence). Hal ini telah mendobrak zona kemapanan manusia yang selama ini dibangun, termasuk dalam dunia pendidikan. Situasi disrupsi menuntut kebaruan praktik pendidikan yang dalam buk…
Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidik memiliki peran yang sangat strategis dalam setiap proses pembelajaran. Berhasil atau gagalnya proses pembelajaran paling banyak disebabkan oleh faktor pendidik. Pendidik sebagai nahkoda atau pemimpin dalam proses pembelajaran tentunya dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan khususnya dalam menyajikan proses pembelajaran di dalam kelas. Semakin terampil…
Buku ini berisi: 1) pendekatan sistem dalam pembelajaran 2) perencanaan pembelajaran 3) model desain sistem pembelajaran 4) merancang analisis kebutuhan 5) melakukan analisis pembelajaran 6) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik 7) merumuskan tujuan pembelajaran 8) menyusun tes acuan patokan 9) mengembangkan strategi pembelajaran 10) mengembangkan dan memilih bahan pemb…
Suatu proses pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran untuk mempermudah peserta didik menyerap materi yang diajarkan serta mendapatkan informasi dari proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran menjadi lebih efektif apabila sebagai seorang pendidik dapat mengemas strategi pembelajaran dengan baik. Strategi pembelajaran aktif yaitu segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan peserta did…
Suatu proses pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran untuk mempermudah peserta didik menyerap materi yang diajarkan serta mendapatkan informasi dari proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran menjadi lebih efektif apabila sebagai seorang pendidik dapat mengemas strategi pembelajaran dengan baik. Strategi pembelajaran aktif yaitu segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan peserta did…
Buku pembelajaran remedial merupakan buku belajar yang sangat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai panduan dalam melaksanakan remedial khususnya pada jenjang Sekolah Dasar sampai pada Sekolah Menengah Atas. Pembelajaran remedial merupakan suatu kegiatan belajar yang diberikan kepada siswa khususnya yang belum menguasai pelajaran dengan baik. Buku ini telah mengkaji secara spesifik kh…
Medan magnet telah banyak dikaji dalam bidang fisika. Pengetahuan dasar medan magnet secara fisika dijelaskan walaupun tidak terlalu detail. Medan magnet yang diberikan pada partikel bermuatan yang bergerak maka akan menimbulkan gaya magnet pada partikel tersebut. Atas dasar hal tersebut maka penulis mencoba mengungkap pengaruh medan magnet terhadap kehidupan mikroba. Pengujian medan magnet te…
Ketika diketahui bahwa para siswa tidak mendapatkan nilai yang memadai dari hasil evaluasi sekolah, maka beberapa pertanyaan muncul dalam benak para pendidik, dimanakah letak kesalahan dalam proses pembelajaran? Ada beberapa faktor yang memerlukan kembali penataan ulang pembelajaran seperti desain sistem pendidikan dan strateginya, bobot evaluasi, teori belajar yang mendung sampai pada faktor f…
Belajar sedikit, tidak tahu apa-apa Belajar banyak, hanya tahu sedikit Belajar lebih banyak, tetap hanya tahu sedikit Apa yang salah? Apa solusinya? Buku ini wajib dimiliki para orang tua, guru, dan Anda yang pernah mengeluh atau-bahkan-sudah putus asa melihat beban belajar anak Anda yang sangat banyak. Solusi yang ditawarkan buku ini akan memberikan daya ungkit bagi anak dan siswa Anda u…
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Komponen utuma dalam sebuah pembelajaran adalah peserta didik yang berkedudukan sebagai subjek belajar dan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Komponen lain yaitu materi, metode pembelajaran, sumber belajar, serta sarana dan prasarana yang digunakan. Berbagai komponen terse…
Materi mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan mengelola pembelajaran di sd.
Buku ini memberikan informasi tentang model-model pembelajaran, pengembangan model pembelajran yang efektif, model-model pembelajaran CTL, media pembelajaran dan juga tentang strategi pembelajaran.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai strategi kognitif sebagai prosedur mental yang digunakan untuk mencapai tujuan kognitif mulai dari yang naluriah seperti penginderaan sampai pada jenjang kognitif yang lebih tinggi yaitu pengamatan, menyimpan, dan mengingat , imajinasi dan berpikir.
Membaca buku one minute before teaching , kita seperti tengah bertamasya dengan asyiknya dunia mengajar, menjelajahi mulianya tugas seorang guru serta menikmati indahnya karakteristik anak didik.
Finlandia mengejutkan dunia ketika siswa-siswinya yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatakan skor teringgi PISA pada 2001. Buku ini memuat strategi dan anjuran yang sangat mudah dipraktikan dari sistem pendidikan kelas dunia.
Buku strategi pembelajaran ini ditulis berlandaskan paradigma terbaru dalam bidang pendidikan yang berupaya mewujudkan proses pembelajaran yang humanis dan konstruktif.
Pemakaian istilah strategi dimaksudkan sebagai daya upaya dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar.
Buku ini menyajikan ragam strategi pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pendidikan yang berlaku.
Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi.
Ketika diketahui bahwa para siswa tidak mendapatkan nilai yang memadai dari hasil evaluasi sekolah, maka beberapa pertanyaan muncul dalam benak para pendidik, dimanakah letak kesalahan dalam proses pembelajaran?