Buku panduan ini berisi tentang program-program pembelajaran yang kiranya dapat digunakan para peserta pelatihan membantu sekolah dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi agar sekolah dapat meningkatkan efektifitas dalam memberikan peluang pendidikan kepada generasi muda di negeri ini. Dengan mengikuti panduan ini, para peserta akan diarahkan untuk dapt memecahkan masalah-masalah dan mene…
Manajemen berbasis sekolah (MBS) tampil sebagai paradigma baru pengembangan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat sekitar dengan tekanan pada peningkatan mutu terpadu /total quality managemnet (TQM). Untuk kepentingan tersebut, MBS merupakan kebijakan sangat strategis dalam implementasi pendidikan yang diprakarsai oleh setiap sekolah dan daerah, serta ditindaklanjuti oleh setia…
Pandangan terhadap masih rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari kualitas pengelolaan sekolah. Hal ini sangat beralasan karena output utama sekolah adalah manusia terdidik. Siapakah manusia terdidik itu? Jawabannya sangat tergantung pada penilaian masyarakat. Dari perspektif sosial, penilaian terhadap kualitas sekolah bisa diidentikkan dengan kesesuaian antara karakterist…
Dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru tersirat bahwa kepala sekolah/madrasah dapat melakukan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan pengelolaan di sekolah/madrasah sekaligus pula sebagai sarana pengembangan profesi kepala sekolah/madrasah secara pribadi. PTS merupa…
Buku yang berjudul Pendidikan Global : branding dan marketing sekolah (sebuah pembelajaran studi kasus) ini disusun atas dasar kebutuhan sekolah sebagai petunjuk marketing sekolah dalam rangka mengembangkan sekolah global. Revolusi teknologi informasi, komunikasi, transportasi yang dahsyat melahirkan era globalisasi. Pada era ini, tidak ada batas-batas negara, benua, dan sebagainya. Dunia ibara…
Manajemen sarana dan prasarana adalah segenap proses penataan yang bersangkutan dengan pengadaan, pendayagunaan dan pengelolaan sarana pendidikan agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Ruang lingkup manajemen sarana dan prasarana pendidikan dilihat dari segi prasarana dibedakan menjadi dua yakni bangunan dan prasarana umum. Tujuan manajemen sarana dan prasarana p…
Kematangan suatu sekolah sangat dipengaruhi oleh dinamika yang dialami baik yang bersumber dari faktor internal maupun eksternal. Pengalaman menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi covod-19 telah memberikan perngalaman tersendiri bagi sekolah sebagai institusi pendidikan. Buku Good Governance dalam Perspektif Organisasi Sekolah berusaha mengurai pandangan masyarakat terhadap keterandalan …
Pendidikan inklusif merupakan sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) belajar di sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya. Hal ini merupakan gagasan mulia dimana ABK yang tidak terjamah atau jauh dari layanan pendidikan dapat mengenyam pendidikan yang sama seperti anak pada umumnya. Namun dalam pelaksanaannya di Indonesia masih ter…
UU Nomor 23 Tahun 2002 pasal 4 tentang perlindungan anak: “bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya.”Sekolah Ramah Anak (SRA) ad…
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan organisasional atau maksud yang nyata. Sementara manajemen pendidikan adalah semua kegiatan sekolah dari yang meliputi usaha-usaha besar, koordinasi, konsultasi, korespondensi, kontrol perlengkapan sampai kepada usaha kecil dan sederhana seperti menjaga sekolah d…
Berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan konsep dasar dan pengantar sekolah, perencanaan gedung manajemen perpustakaan dan peralatan koleksi perpustakaan, manajemen pengembangan sumber daya manusia, pembinaan dan pengembangan koleksi perpustakaan sekolah, manajemen koleksi organisasi informasi, manajemen layanan pemakai dan bahan pustaka, perbaikan dan pemeliharaan bahan pustaka kertas di per…
Bahasa menjadi bagian penting dalam kurikulum di sekolah dasar. Siswa di Sekolah dasar bukan hanya dituntut untuk belajar bahasa melainkan juga menggunakan bahasa untuk belajar. Berdasarkan argumen ini, Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar oleh guru SD menjadi sangat penting dilakukan. Selain itu, guru SD juga harus memiliki kemampuan untuk menanamkan nilai budi pek…
Buku ini berisi mengenai isi materi kebahasaan yang terdapat di dalam kurikulum nasional, bagaimana mengajarkannya, apa saja teori yang mendukungnya, dan disertai pula dengan bagaimana guru dapat mencari bahan lain dengan menggunakan mesin pencarian di dunia maya.
buku panduan tugas akhir program (tap) fkip-ut merupakan panduan bagi mahasiswa, tutor, dan pengelola dalam melaksanakan tap.
Panduan self help mengarang bebas untuk meraih prestasi dan meningkatkan kreativitas diri
Pembinaan profesional dimaksudkan untuk mengembangkan suatu jaringan dan sistem pembinaan kreatif dengan melibatkan secara aktif seluruh unsur pembinaan guru dalam suatu kegiatan pembinaan profesional terpadu.
pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara. dalam kerangka inilah pendidikan diperlukan dan dipandang sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat yang ingin maji.
Pendidikan adalah salah satu bagian penting dalam pembangunan sumberdaya manusia. Upaya-upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan telah banyak dilakukan antara lain dengan penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualifikasi tenaga pengajar dll...
Buku ini memberikan informasi mengenai sistem pendidikan Cina dalam mendidika siswanya. Diceritakan pula sisi negatif dan positif selama perjalanan pendidikan tersebut berlangsung. Dari buku ini kita dapat belajar untuk memahami dan merefleksikan pendidikan yang lebih baik.
Buku ini memberikan informasi tentang petunjuk praktis bagi guru untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk pengembangan profesi. Buku ini membantu guru atau mahasiswa program kependidikan untuk memahami PTK secara komprehensif dan langkah-langkah PTK yang mudah dipahami.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai karir pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Ditambah dengan topik mengenai kesadaran, konsep pekerja, dan sejenisnya.
Buku ini memberika penjelasan mengenai kualitas sekolah yang produktif dengan pembahasan meliputi produksi pendidikan, analisis biaya, pendekatan teoritis sumber alokasi, pengambilan keputusan, dan pendanaan.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai problematika kehidupan di sekolah.
Reformasi birokrasi bidang pendidikan telah bergulir sejak ditetapkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Pendidikan bagi usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran.
buku ini diajikan sebagai panduan bagi mereka yang ingin melaksanakan penelitian tindakan sekolah, melaporkan dan megumpulkan hasilnya untuk kenaikan pangkat dari pengembangan profesi.
Kedudukan guru, fungsi dan peranannya dalam masyarakat akan efektif, apabila kedudukan itu ditunjang oleh penghargaan masyarakat, antara lain dalam bentuk sistem kenaikan jabatan yang menarik dan menantang.
Buku panduan perpustakaan ini sangat penting untuk dijhadikan pedoman dalam mengembangkan perpustakaan di sekolah muhammadiyah.
disebarluaskan nya buku ini kepada masyarakat dengan harapan minimal untuk dapat dijadikan bahan perbandingan didalam melihat permasalahan dunia pendidikan kita dewasa ini.
padahakikatnya pendidikan, pendidikan dilaksanakan bukan sekedar untuk mengejar nilai-nilai, melainkan memberikan pengarahan kepada setiap orang agar dapat bertindak dan bersikap benar sesuai dengan kaidah-kaidah dan spirit-spirit keilmuan yang dipelajari
buku ini penting untuk calon kepsek, sebagai referensi dan petunjuk praktis pengelolaan pendidikan.
buku ini secara komperhensif mengangkat berbagai isu tentang dunia perbukuan sekolah di Indonesia. isi buku ini bukan hanya menyajikan teori, melainkan juga praktek-praktek kebijakan yang telah, sedang dan perlu di lakukan di masa depan.
Buku ini memberikan jawaban bagaimana mengidentifikasi keberbakatan intelektual melalui metode non-tes.
with the overcrowding in today's schools it is important to make sure that your child does not get lost in the suffle.
buku ini dimaksudkan untuk membantu para dosen PGSD, guru dan kepala sekolah dasar melakukan penelitian dengan dana dari bagian proyek pengembangan PGSD (BP3GSD) yang dikelola oleh UP3SD