buku ini disusun dengan upaya membantu para rekan guru yang akan melakukan PTK dan melaporkan hasilnya kepada pihak yang berwenang.
Buku ini memberikan informasi tentang model-model pembelajaran, pengembangan model pembelajran yang efektif, model-model pembelajaran CTL, media pembelajaran dan juga tentang strategi pembelajaran.
Di dalam Buku ini terdapat berbagai tema mengenai model-model pembelajaran, media pembelajaran, dan strategi pembelajaran yang komunikatif. Hal ini dapat diaplikasikan oleh para penyelenggara pendidikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di Universitas.
Pada awalnya, PTK masih menjadi pro dan kontra, sebab saat itu PTK hanya ditunjukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial saja, misalnya masalah kenakalan remaja, penggangguran dan lain-lain.
buku ini diajikan sebagai panduan bagi mereka yang ingin melaksanakan penelitian tindakan sekolah, melaporkan dan megumpulkan hasilnya untuk kenaikan pangkat dari pengembangan profesi.
salah satu cara untuk memenuhi kebijakan untuk sistem kenaikan pangkat guru melalui angka kredit yang diperolehnya adalah dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (ptk) yang ditunjukan bagi para guru.
buku ini senantiasa menjelaskan tentang penelitian tindakan kelas untuk guru SD, SLB dan TK yang ingin melaksanakan penelitian tindakan kelas.