Guru adalah profesi yang luhur dan mulya, banyak orang mengatakan guru adalah pahlawan, walaupun tanpa Menjadi tanda jasa. Yang membuat orang bisa pintar adalah guru, yang mencetak para pemimpin bangsa ini juga guru. Tetapi belakangan banyak pandangan yang sinis terhadap profesi guru, semua ini karena ulah beberapa oknum guru yang tidak bertanggung jawab. Atau juga karena adanya perubahanper…
Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk menilai keprofesionalan diri sendiri dan untuk saling mengamati di antara sesama rekan guru atau calon guru.
Profesi guru menuntut keprofesionalan. Karena itu jabatan guru merupakan jabatan profesional, yang pemegangnya harus memenuhi kualifikasi tertentu. Sebagai profesional, guru harus selalu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan terus menerus. Sebagai jabatan, harus menjawab tantangan perkembangan masyarakat, jabatan guru harus selalu dikembangkan dan dimutakhirkan pembaruan sesuai tunt…
Eksistensi madrasah hingga kini terus dipertanyakan; apakah ia mampu menjawab tantangan zaman ataukah akan tergerus oleh perubahan yang terus-menerus mewarnai kehidupan. Untuk itulah, pembahasan tentang keberadaan guru madrasah menjadi signifikan. Hal ini dikarenakan guru atau tenaga pendidik adalah avant-garde dari eksistensi sebuah lembaga pendidikan. Guru memegang peran penting dalam proses …
Guru dan anak didik adalah padanan frase yang serasi, seimbang, dan harmonis. Keduanya berada dalam hubungan kejiwaan yang saling membutuhkan. Dalam perpisahan raga, jiwa mereka bersatu sebagai "dwitunggal". Guru mengajar dan anak didik belajar dalam proses interaksi edukatif yang menyatukan langkah mereka ke satu tujuan yaitu "kebaikan". Guru tidak hanya disanjung dengan keteladanannya, tetapi…
Bagaimana mencetak guru yang berkualitas dan profesional. masih menjadi pertanyaan yang menarik untuk terus dikaji. Langkah-langkah yang sistematis perlu dilakukan untuk menyiapkan guru yang berkompetensi tinggi. Sehingga peranannya dalam kegiatan belajar mengajar dapat diandalkan. Faktor kunci keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan adalah sistem pendidikan. Dimana kualitas pendidikan gur…
Profesionalisasi tenaga kependidikan, termasuk tenaga keguruan menjadi suatu keniscayaan, terutama tatkala pendidikan dan pembelajaran mukin diakui keberadaannya oleh masyarakat. Begitu pentingnya profesionalisasi itu, pada beberapa program di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) ditawarkan matakuliah Profesi Kependidikan atau Profesi Kependidikan sebagai salah satu mata kuliah yang wa…
Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara termasuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru telah dibuka. Nantinya akan ada beberapa tahapan seleksi atau tes yang harus dilalui peserta. Untuk itu dibutuhkan sebuah panduan lengkap yang dapat lebih memudahkan para peserta untuk mendapatkan gambaran mengenai tahapan seleksi maupun soal-soal yang akan dihadapi. Maka untuk itulah…
Dalam buku In Teachers We Trust: The Finnish Way to World-Class Schools, Pasi Sahlberg dan Timothy D. Walker menggunakan tujuh prinsip utama dari sistem pendidikan Finlandia yang dapat membantu membangun komunitas sekolah yang inklusif dan berkembang, menempatkan kepercayaan sebagai unsur utama untuk keunggulan pendidikan. Buku ini menawarkan kontribusi yang dapat diakses, relevan, dan tepat wa…
Terdapat tiga kata kunci utama pada bahasan buku ini yakni kinerja, pemberdayaan, dan motivasi kerja. Masing-masing kata kunci tersebut memiliki definisi operasionalnya dalam lingkup kajian tentang guru. Kinerja dapat dimaknai sebagai unjuk kerja seseorang yang didasari oleh pengalaman, kepemimpinan, pengetahuan, dan keterampilan untuk melaksanakan pekerjaan serta memiliki komitmen yang tinggi …
Pada dasarnya pendidikan adalah memanusiakan manusia. Oleh karena itu hubungan simbiotik antara manusia dan pendidikan tidak bisa dipisahkan. Tanpa pendidikan manusia takkan mampu tumbuh dan berkembang baik fisik maupun psikisnya. Di sisi lain pendidikan sendiri ditujukan hanya untuk manusia, yang artinya manusia adalah satu-satunya makhluk yang mempunyai hak memperoleh pendidikan Pengembang…
Guru adalah garda terdepan paling strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia. Adanya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen tidak serta merta menjadikan kehidupan sosial-ekonomi guru secara keseluruhan membaik. Ada berbagai keterbatasan baik di pihak pemerintah dan guru itu sendiri yang menjadikan kondisi belum ideal. Oleh karenanya buku berjudul Guru Kaya Raya Bahagia in…
Model pengembangan profesionalisme guru madrasah sangat relevan dikembangkan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Sebab guru madrasah yang profesional merupakan kunci sukses bagi pengembangan kreativitas dan kesuksesan peserta didik di masa depan. Model pengembangan profesionalisme guru madrasah yang ditawarkan dalam buku ini adalah penerapan konsep khalifah dan kecerdasan emosional melalui p…
Pada era Revolusi Industri 4.0, yang ditandai dengan ketergantungan tinggi terhadap teknologi informasi yang berdampak besar di bidang pendidikan, guru tidak dapat berdiam diri. Sebagai agen perubahan, guru harus terus-menerus meng-update diri. Dalam mengasah kompetensi profesional khususnya, guru perlu menggiatkan 3M+ (membaca, meneliti, menulis ilmiah, plus melek teknologi). Keterampilan men…
Buku Ini secara global mendeskripsikan tentang Era Revolusi Industri 4.0 yang di hadapi Bangsa Indonesia. Dalam kehidupan modern saat ini, termasuk lembaga pendidikan dihadapkan pada berbagai tantangan perubahan yang sangat cepat dan dang sulit untuk diprediksi, sehingga menuntut setiap organisasi terutama Guru yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran untuk dapat memiliki kemampu…
Bagaimana Menjadi Guru Kreatif? Menjadi guru yang kreatif saat ini tampaknya sudah menjadi suatu keharusan. Sebab guru yang kreatif akan mampu menciptakan proses pembelajaran yang memudahkan peserta didik menerima materi yang disampaikan dengan proses yang menyenangkan. Masalahnya adalah apakah semua guru dapat diarahkan untuk menjadi guru yang kreatif? Buku ini mencoba menyajikan urai…
Buku ini tidak bermaksud menyinggung status guru dan tidak menghormati sosok guru. Namun buku ini lebih kepada mengajak semua guru untuk lebih berani eksis, berbeda dari yang lain dan tidak gaptek. Bayi saja yang baru lahir sudah pegang gadget, nah sedangkan menjadi guru yang sudah hampir pensiun tidak berani menggunakan gadget. Jangan selfi, pegangnya saja sudah bingun. Ups… maaf, tapi inila…
Bahasa menjadi bagian penting dalam kurikulum di sekolah dasar. Siswa di Sekolah dasar bukan hanya dituntut untuk belajar bahasa melainkan juga menggunakan bahasa untuk belajar. Berdasarkan argumen ini, Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar oleh guru SD menjadi sangat penting dilakukan. Selain itu, guru SD juga harus memiliki kemampuan untuk menanamkan nilai budi pek…
Buku ini berisi mengenai isi materi kebahasaan yang terdapat di dalam kurikulum nasional, bagaimana mengajarkannya, apa saja teori yang mendukungnya, dan disertai pula dengan bagaimana guru dapat mencari bahan lain dengan menggunakan mesin pencarian di dunia maya.
Penididikan profesi atau peningkatan kualitas kemampuan profesi guru tersebut merupakan prasyarat agar penyelenggaraan kegiatan profesi dapat dilaksanakan secara maksimal.
Tulisan dalam buku kecil ini mencoba meramu berbagai upaya untuk melangkah maju untuk mencapai profesionalisme jabatan guru. Kajiannya secara umum bersifat konseptual teoritis, namun isinya dapat dijadikan pegangan atau rujukan dalam meningkatklan kenerja profesional sebagai guru.
Menjadi guru bagi saya adalah pilihan, bukan pelarian. guru adalah pahlawan dan orangtua kedua bagi murid-muridnya sehingga wajib memberikan pengajaran, teladan, dan kasih sayang yang utuh tanpa pamrih.
Sejak diberlakukannya program sertifikasi guru, guru diharapkan mampu meningkatkan citra profesionalnya dengan kemampuan inovasi dan kreatifnya dalam menangkap dan menanggapi masalah-masalah belajar anak didik secara kreatif dan tepat sasaran.
Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru yang profesional. pada bagian yang lain beloiaupun menguraikan tentang program pendidikan dasar 9 tahun
Pembinaan profesional dimaksudkan untuk mengembangkan suatu jaringan dan sistem pembinaan kreatif dengan melibatkan secara aktif seluruh unsur pembinaan guru dalam suatu kegiatan pembinaan profesional terpadu.
Guru profesi yang mulia, maka profesi guru tak buisa dikerjakan dengan apa adanya.
Penelitian tindakan merupakan penerapan penemuan fakta pada pemecahan masalah dalam situasi sosial dengan pandangan untuk meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukan di dalamnya, yang melibatkan kolaborasi dan kerjasama para peneliti, praktisi, dan orang awam.
Buku ini memberikan informasi tentang petunjuk praktis bagi guru untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk pengembangan profesi. Buku ini membantu guru atau mahasiswa program kependidikan untuk memahami PTK secara komprehensif dan langkah-langkah PTK yang mudah dipahami.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai kumpulan artike bertema peningkatan guru seperti penilaian inetelktual anak, menformulasikan penamipanl secara objektif, pengembangan kemampuan tanya-jawab dan seterusnya.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai etika profesi guru yang ditinjau dari konsep etika dan istilah terkait, profesi guru, profesi guru dan persaingan global, etika profesi guru dan guru sebagai solusi terhadap moralitas bangsa.
Rerely, if ever, has any movement swept through teacher education so rapidly or captured the attention of so many in so short a time as has the competency-based movement.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai keniscayaan dari kompetensi dan sertifikasi bagi profesi guru.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai karir pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Ditambah dengan topik mengenai kesadaran, konsep pekerja, dan sejenisnya.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai teori pembelajaran, kompetensi guru, dan bagaimana peran guru dalam mencapai tujuan pendidikan secara global.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai aspek penilaian kinerja guru, tahapan pelaksanaan PK guru, penilaian unsur kompetensi guru mata pelajaran, Guru BK dan unsur lainnya.
informasi dalam buku ini bukan hanya penting untuk para guru, terutama guru SD dan menegah tetapi juga bagi calon guru.
Buku diharapkan menjadi titik acuan dalam perilaku, sekaligus bagaimana para guru mengoptimalkan perannya.
Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar merupakan satu dari rangkaian seri manajemen peningkatan mutu pendidikan karya ibrahim bafada.
Didalam buku ini ditampilkan berbagai kisah menarik yangdapat memberikan motivasi, inspirasi dan pelajaran berharga bagi sang guru.
Seorang guru dikatakan profesional bila setiap hari memikirkan bagaimana cara mengajar siswa dengan lebih baik dan selalu mendidik dengan ikhlas.
Kedudukan guru, fungsi dan peranannya dalam masyarakat akan efektif, apabila kedudukan itu ditunjang oleh penghargaan masyarakat, antara lain dalam bentuk sistem kenaikan jabatan yang menarik dan menantang.
Sebagai guru pofesional, kemampuan dalam menulis karya tulis ilmiah (kti) merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. dengan menulis, selain mendapat kenaikan pangkat, jabatan, dan golongan, guru juga mengalami peningkatan karier serta mendapatkan penghargaan dan pengakuan.
Profesionalisme dalam proses belajar mengajar menjadi tuntutan bagi guru saat ini.
buku ini secara sangat inspiratif dan revolusionr menyelami seluk beluk dunia guru dan kemudian menyuguhkan resep maknyus agar anda menjadi guru yang menyenangkan, inspiratif, kreatif dan inofatif.