Pendidikan global : branding dan marketing sekolah (sebuah pembelajaran studi kasus)
Buku yang berjudul Pendidikan Global : branding dan marketing sekolah (sebuah pembelajaran studi kasus) ini disusun atas dasar kebutuhan sekolah sebagai petunjuk marketing sekolah dalam rangka mengembangkan sekolah global. Revolusi teknologi informasi, komunikasi, transportasi yang dahsyat melahirkan era globalisasi. Pada era ini, tidak ada batas-batas negara, benua, dan sebagainya. Dunia ibarat desa kecil yang bisa saling berintegrasi dan bersinergi satu sama lain. Namun, di sisi lain, persaingan menjadi semakin ketat karena pasar terbuka lebar bagi siapa pun yang ingin memasukinya, tanpa ada batas sedikit pun. Dunia pendidikan memasuki era global ini dengan segala kelebihan dan tantangannya. Globalisasi pendidikan telah, sedang, dan akan terus berjalan. Lembaga-lembaga pendidikan bergengsi mancanegara bisa mendirikan sekolah di negeri ini, begitu pula sebaliknya. Mampukah lembaga pendidikan di negeri ini menghadapi gempuran pemain-pemain asing yang kaya modal, SDM, dan relasi? pertanyaan ini menjadi renungan bagi semua elemen bangsa mulai dari pemerintah, dunia usaha, praktisi pendidikan, tokoh masyarakat, dan khalayak pada umumnya. Akankah pendidikan di negeri ini terlempar dalam persaingan bebas atau mampu bagkit memimpin perubahan sebagai pemain utama yang menguasai pasar dengan produk dan jasa yang memuaskan konsumen? Kita berharap agar sekolah- sebagai lembaga pendidikan yang dibanggkan di negara ini mampu tampil sebagai pemain utama yang menunjukan kualitas tinggi. Lulusan sekolah diharapkan tidak hanya mampu menjadi aktor global yang dinamis dan religius, tetapi juga berpijak di bumi ndonesia tanpa kehilangan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Harapan ini tentu saja harus disertai usaha maksimal berupa kerja keras, cerdas, kreatif, dan inovatif sepanjang masa sehingga mampu mengantisipasi setiap tantangan yang menghadang setiap saat.
Tidak tersedia versi lain