KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah.
kebijakan perubahan kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan.
pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara. dalam kerangka inilah pendidikan diperlukan dan dipandang sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat yang ingin maji.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang tampil sebagai paradigma baru dalam pengembangan pendidikan berbasis kebutuhan masyarajat dengan meninggikan kualitas mutu.
Membenahi Profesionalisme guru adalah awal yang baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. dan, dalam kerangka itulah buku ini diterbtkan.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai keniscayaan dari kompetensi dan sertifikasi bagi profesi guru.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai jawaban dari kekisruhan perubahan kurikulum dan menjembatani kepentingan para guru dalam mengembangkan SKKD pada setiap satuan pendidikan.
Buku ini dipersiapkan sebagai bahan kajian bagi para akademisi, praktisi dan pimpinan lembaga pendidikan.
Buku ini disajikan dengan bahasa yang cukup sederhana, agar dapat dimanfaatkan secara efektif oleh para guru, calon guru, kepala sekolah, komite sekolah, dewan pendidikan, dan komisi pendidikan guna memahami dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di sekolah.