Buku ini mengeksplorasi peran inovasi produk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Inovasi produk menjadi kunci untuk keberlangsungan dan pertumbuhan UMKM di tengah ketidakpastian pasar. Buku ini membahas pentingnya inovasi produk, peran teknologi sebagai pendorong utama, dan strategi terbaik bagi UMKM …
Kesuksesan dalam menjalankan sebuah perusahaan tidak lepas dari perhitungan biaya dan pelaporannya sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Untuk memperlancar berjalannya operasional perusahaan, penting bagi pelaku usaha agar memahami konsep cost accounting, mulai dari pengertian akuntansi biaya hingga penerapannya. Akuntansi biaya adalah salah satu cabang ilmu akun…
Seorang investor tentunya harus memperhatikan kelayakan dari perusahaan investasi tersebut yaitu dengan cara menganalisis laporan keuangan perusahaan dan menguji kelayakan perusahaan-perusahaan yang akan menjadi pilihan. Dimulai dengan melakukan analisis dan penilaian dari unsur-unsur investasi serta mengevaluasi saham dan obligasi perusahaan tersebut, sehingga didapat perusahaan yang tepat dal…
Pembelajaran mata kuliah manajemen Pemasaran merupakan sesuatu yang harus tertanam pada diri setiap mahasiswa di program studi Manajemen Ritail Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Manajemen Pemasaran untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini. Diktat ini disusun agar mahasiswa dapat memfokuskan diri dalam mempelajari materi yang berkaitan dengan manajemen pemasaran. D…