Buku panduan penelitian pendidikan yang menekankan pada metode operasional penelitian dan yang dilengkapi dengan konsep-konsep praktis serta langkah-langkah penelitian secara menyeluruh dari awal hingga akhir jarang ditemui.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai konsep tentang penelitian pendidikan secara spesifik dari mulai konsep pendidikan sebagai ilmu, permasalahan penelitian pendidikan, statistika hingga menentukan posisi pendidikan.
Buku ini memberikan pembahasan mengenai prinsip dasar penelitian pendidikan, desain penelitian kuantitatif dan metode, desain penelitian kualitatif dan metode, analisis penelitian hingga pembahasan mengenai evaluasi penelitian pendidikan.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pata tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya meningkatkan kualitas tersebut perlu dilakukan penelitian.
Melakukan suatu penelitian bagi sebagian orang dianggap sebagai tugas akhir yang menakutkan karena sulit dan rumit untuk dikerjakan.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai penelitian sosial di sekolah dasar.
Buku menjelaskan dua bagian penting yang berkaitan yakni penelitian dan evaluasi dalam dunia pendidikan.
Buku ini membahas mengenai penelitian pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan konsep dasar tentang penelitian pendidikan di masa mendatang dan seterusnya.