Text
Strategi Pembelajaran Penjas
Tinjauafl Mata Kuliah
Setelah mempelajari mata kuliah mi diharapkan para mahasiswa program
studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) baik yang
sudah menadi guru maupun calon guru. memiliki pengetahuan dan
kesadaran akan permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan
pendidikan jasmani (Penjas). khususnya di Sekolah Dasar (SD), baik pada
tataran konsep maupun tataran praktik. Melalui mata kutiah ini pula.
diharapkan para mahasiswa memiliki pengetahuan. keterampilan, dan
kesadaran untuk meningkatkan penyelenggaraan Penjas di SD dengan
memanfaatkan segala sumber pembelajaran yang dimilikinya secara efcktif,
Secara umum kompetensi yang diharapkan dimiliki mahasisWa setelah
mempelajari mata kuliah. Pertama, memiliki kemampuan
mengidentifikaSi permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan
pembelajaran Penjas di SD. baik dalam tataran konsep maupun tataran
praktik. Kedua, memiliki pengetahuan. keterampilan. dan kesadaran untuk
meningkatkan penyelenggaraan pembelajaran Penjas di SD secara efektif.
untuk memiliki kedua kompetensi umum tersebut, para mahasiswa akan
dibekali berbagai konsep. prinsip. teori, dan ilustrasi pembelalaran Penjas di
SD yang akan dipaparkan dalam mata kuliah Strategi Pembelajaran
pendidikan Jasmani (Penjas) ini. Secara sisteniatis mata kuIiah mi dirancang
an ditulis menjadi 9 (sembilan) modul. yang terdiri atas:
modul 1: Konsep dasar Penjas dan Penkes;
Modul 2: Pembelajaran Penjas yang sukses;
Modul 3: Lingkungan Pembelajaran
Modul 4: Memulai Pelajaran;
Modul 5: Model Pembelajaran
Modul 6: MotivaSi Untuk Berlatih
Modul 7: Pengembangafl Materi
Modul 8: Strategi Pemecahan Masalah
Modul 9: Membangun perasaan positif dan mengamati kelas
Tidak tersedia versi lain