Setiap manusia memiliki keinginan untuk mendapatkan hasil dari apa yang telah mereka kerjakan. Begitu juga dengan suatu pembelajaran yang ada di sekolah, umumnya bagi peserta didik, pendidik, dan orang tua. Masing-masing ingin mengetahui apa saja hasil belajar yang didapatkan melalui evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran adalah pengamatan yang dilakukan oleh pendidikan terhadap hasil bel…
Tugas mengajar bukanlah tugas yang mudah, tetapi memerlukan pemikiran dan tindakan yang profesional dari beberapa kegiatan yang saling berhubungan dalam bentuk satu kesatuan. Rangkaian kegiatan tersebut, yang dilakukan guru, terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Mengingat tugas guru bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, namun memerlukan berbagai pengetahuan dan keterampilan yan…
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang ini, Indonesia sebagai negara berkembang dituntut untuk mengikuti arus globalisasi dunia. oleh karena itu, Indonesia dituntut memiliki Digital Mindset. Pola pikir digital atau Digital Mindset bukan cuma tentang kemampuan mengoperasikan teknologi digital secara teknis, tetapi merupakan sikap dan Perilaku yang memiliki orient…
Buku panduan ini berisi tentang program-program pembelajaran yang kiranya dapat digunakan para peserta pelatihan membantu sekolah dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi agar sekolah dapat meningkatkan efektifitas dalam memberikan peluang pendidikan kepada generasi muda di negeri ini. Dengan mengikuti panduan ini, para peserta akan diarahkan untuk dapt memecahkan masalah-masalah dan mene…
Pembelajaran bahasa indonesia berkualitas di SD dalam perspektif kurikulum & edagogical content know ledge (pck)
Semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, pembelajaran di lembaga pendidikan serentak harus dilakukan secara daring atau online. Melihat adanya berbagai keterbatasan seperti fasilitas penunjang akademik dan keterampilan pendidik dalam mengoperasikan aplikasi pembelajaran daring atau online, Google Classroom dan Google Meet dapat menjadi solusi yang tepat. Fitur lengkap yang dimiliki aplikas…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menguji model pembelajaran bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Bina Mutiara Program Studi PJKR untuk uji coba kelompok kecil 20 orang dan mahasiswa UMMI Sukabumi untuk uji coba kelomp…
Penilaian yang dilakukan guru adalah kegiatan yang mencakup semua cara yang digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian yang baik memerlukan data yang benar sehingga perlu didukung oleh proses pengukuran yang baik (Mardapi, 2008: 5). Salah satu bentuk program pengukuran yang telah dilakukan pemerintah adalah ujian nasional. Sekolah dapat pula menerapkan program pengukuran …
Buku-buku pembelajaran secara umum sangat banyak dan dibutuhkan terhadap pendalaman ilmu pengetahuan atau menjadi pedoman implementasi bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Namun, buku-buku strategi mengajar khususnya pada bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Indonesia ini bisa diklasifikasikan masih terbatas sehingga penulis menetapkan penyusunan buku ini sebagai tujuan …
Olahraga atletik merupakan induk dari semua cabang olahraga “yang biasa disebut dengan “Atletic is a Mother or Atletic is a Root” artinya semua gerakan-gerakan dasar yang terdapat pada semua kecabangan olahraga, adalah gerakan-gerakan dasar dari atletik, yaitu jalan, lari, lompat dan lempar. Juga terdapat nomor perlombaan khusus seperti; jalan cepat, lari halangan rintang dan lari lintas …
Strategi pembelajaran ialah cara yang dipakai untuk memilih aktivitas pembelajaran yang nantinya dipakai untuk proses pembelajaran (Zainal, 2013). Stratagi pembelajaran terdiri dari semua komponen materi pelajaran dan prosedur aktivitas belajar yang dipakai pengajar untuk memberikan bantuan kepada siswa agar tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan bisa tercapai. Ismail SM (2008) menjelaskan b…
Pengajaran Remedial diinisiasi dari konsep pembelajaran tuntas (Mastery Learning). Siswa dituntut untuk mencapai indikator capaian atau tujuan yang telah di tetapkan. Sisi lain kemampuan dan gaya belajar siswa sangatlah beragam. Membahas pembelajaran remedia tidak terlepas juga membahas pasangannya yaitu pembelajaran pengayaan. Antara pengajaraaan remedia dan pengayaan sama-sama memfasilitasi k…
Dengan semakin majunya teknologi dan sistem informasi mengharuskan pemerhati pendidikan, yakni di dalamnya termasuk guru dan dosen, berbenah untuk menghadapi tantangan global. Dalam menyampaikan materi atau konten dalam suatu pembelajaran, media pembelajaran memberi dampak signifikan khususnya dalam menarik minat belajar. Buku ini dibuat bagi siapa saja yang tertarik dalam dunia belajar dan me…
Buku ini berjudul ”Pembelajaran Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill)”, yang memiliki makna bahwa metode pembelajaran dalam konteks pendidikan global diharapkan dapat mendukung tujuan pendidikan untuk meningkatkan: Keterampilan untuk Belajar (Learning Skill), Keterampilan untuk Hidup (Life Skill), dan Keterampilan Literasi. Tujuan pembelajaran dalam mendukun…
Pendidikan saat ini dihadapkan dengan tantangan besar abad 21. Suatu era yang dinamai Revolusi Industri 4.0 bercirikan serba digitalisasi, teknologi multifungsi, hingga hadirnya kecerdasan buatan (artificial intelligence). Hal ini telah mendobrak zona kemapanan manusia yang selama ini dibangun, termasuk dalam dunia pendidikan. Situasi disrupsi menuntut kebaruan praktik pendidikan yang dalam buk…
Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidik memiliki peran yang sangat strategis dalam setiap proses pembelajaran. Berhasil atau gagalnya proses pembelajaran paling banyak disebabkan oleh faktor pendidik. Pendidik sebagai nahkoda atau pemimpin dalam proses pembelajaran tentunya dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan khususnya dalam menyajikan proses pembelajaran di dalam kelas. Semakin terampil…
Asesmen pembelajaran merupakan suatu kesatuan penting dalam penyusunan program pembelajaran, selain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan media pembelajaran. Indikator-indikator pencapaian kompetensi, baik indikator pengetahuan maupun indikator proses yang dikembangkan dalam RPP diukur ketercapaiannya menggunakan instrumen asesmen pembelajaran. Ketercapaian indikator-indikator…
Buku ini berisi: 1) pendekatan sistem dalam pembelajaran 2) perencanaan pembelajaran 3) model desain sistem pembelajaran 4) merancang analisis kebutuhan 5) melakukan analisis pembelajaran 6) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik 7) merumuskan tujuan pembelajaran 8) menyusun tes acuan patokan 9) mengembangkan strategi pembelajaran 10) mengembangkan dan memilih bahan pemb…
Suatu proses pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran untuk mempermudah peserta didik menyerap materi yang diajarkan serta mendapatkan informasi dari proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran menjadi lebih efektif apabila sebagai seorang pendidik dapat mengemas strategi pembelajaran dengan baik. Strategi pembelajaran aktif yaitu segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan peserta did…
Suatu proses pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran untuk mempermudah peserta didik menyerap materi yang diajarkan serta mendapatkan informasi dari proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran menjadi lebih efektif apabila sebagai seorang pendidik dapat mengemas strategi pembelajaran dengan baik. Strategi pembelajaran aktif yaitu segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan peserta did…
Buku pembelajaran remedial merupakan buku belajar yang sangat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai panduan dalam melaksanakan remedial khususnya pada jenjang Sekolah Dasar sampai pada Sekolah Menengah Atas. Pembelajaran remedial merupakan suatu kegiatan belajar yang diberikan kepada siswa khususnya yang belum menguasai pelajaran dengan baik. Buku ini telah mengkaji secara spesifik kh…
Medan magnet telah banyak dikaji dalam bidang fisika. Pengetahuan dasar medan magnet secara fisika dijelaskan walaupun tidak terlalu detail. Medan magnet yang diberikan pada partikel bermuatan yang bergerak maka akan menimbulkan gaya magnet pada partikel tersebut. Atas dasar hal tersebut maka penulis mencoba mengungkap pengaruh medan magnet terhadap kehidupan mikroba. Pengujian medan magnet te…
Di dalam buku ini setidaknya, ada tiga pembahasan penting dalam konteks pengembangan asesmen pendidikan di Indonesia, yakni kurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang snagat penting untuk dibahas dan saling berkaitan satu sama lainnya. Jika merujuk beberapa buku, maka kurikulum berarti pemnjabran tujuan pendidikan yang dijadikan sebuah landasan dari pro…
Ketika diketahui bahwa para siswa tidak mendapatkan nilai yang memadai dari hasil evaluasi sekolah, maka beberapa pertanyaan muncul dalam benak para pendidik, dimanakah letak kesalahan dalam proses pembelajaran? Ada beberapa faktor yang memerlukan kembali penataan ulang pembelajaran seperti desain sistem pendidikan dan strateginya, bobot evaluasi, teori belajar yang mendung sampai pada faktor f…
Kehidupan manusia akan selalu dibarengi dengan proses interaksi dan komunikasi yang merupakan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Dari berbagai bentuk interaksi terdapat istilah interaksi edukatif, yaitu proses timbal-balik yang bertujuan untuk mendewasakan anak didik agar nantinya dapat menemukan jati dirinya secara utuh. Untuk memahami pengetahuan tentang interaksi edukatif, secara khus…
Dalam tatanan ruangan kelas pernahkah para pendidik IPA mengajak siswanya memikirkan kondisi atau kejadian yang terjadi di lingkungan atau alam baik yang berjalan rutin maupun yang baru terjadi sekarang-sekarang ini.
Belajar sedikit, tidak tahu apa-apa Belajar banyak, hanya tahu sedikit Belajar lebih banyak, tetap hanya tahu sedikit Apa yang salah? Apa solusinya? Buku ini wajib dimiliki para orang tua, guru, dan Anda yang pernah mengeluh atau-bahkan-sudah putus asa melihat beban belajar anak Anda yang sangat banyak. Solusi yang ditawarkan buku ini akan memberikan daya ungkit bagi anak dan siswa Anda u…
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Komponen utuma dalam sebuah pembelajaran adalah peserta didik yang berkedudukan sebagai subjek belajar dan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Komponen lain yaitu materi, metode pembelajaran, sumber belajar, serta sarana dan prasarana yang digunakan. Berbagai komponen terse…
Buku ini merupakan buku pertama berbahasa Indonesia yang mengkaji entang pa dan mengapa seorang peneliti menggunakan pendekatan Ethnomathematics dalam kegiatan belajar-mengajar matematika. Buku ini juga diperkaya dengan kajian tentang budaya Jawa yang memiliki unsur-unsur matematis yang nantinya dapat digunakan sebagai titik awal dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas dan sebahagian diantaran…
Materi Dan Pembelajaran Pkn SD berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan paradigma baru pkn di setiap individu sebagai insan tuhan yang maha esa,
Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, yaitu pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik pribadinya ke arah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungannya.
Mata kuliah pembelajaran pkn di sd merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa s1 pgsd
Materi mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan mengelola pembelajaran di sd.
Mata kuliah pembaruan dalam pembelajaran di SD yang berbobot 3 sks ini, membahas tentang ruang lingkup pembaharuan dalam bidang pendidikan termasuk di dalamnya akan dibahas tentang pengertian pembaruan dalam pendidikan dan implementasi globalisasi dan desentralisasi dalam pendidikan.
Berbagai permasalah pendidikan sering kali ditemukan, baik berkaitan dengan proses kegiatan pembelajaran peserta didik maupun penerapan model pembelajaran yang diberikan oleh pendidik khususnya dalam setting kelas.
Untuk PGSD dan Guru SD
Buku yang wajib dibaca oleh para pengambil kebijakan, guru, calon guru, dan mereka yang mengembangkan kurikulum pendidikan profesi guru.
Buku ini memberikan informasi tentang model-model pembelajaran, pengembangan model pembelajran yang efektif, model-model pembelajaran CTL, media pembelajaran dan juga tentang strategi pembelajaran.
Buku ini memberikan informasi tentang: teori nilai, kesulitan mengembangkan nilai, nilai dan penilaian, pengajaran untuk kejelasan nilai, metode klarifikasi nilai, menggunakan teori nilai dan yang lainnya.
Buku ini memberikan informasi mengenai bagaimana membuat visualisasi yang baik untuk keperluan pembelajaran. Pengarang memulai dengan penjelasan tentang persiapan awal, pemilihan foto dan video, pemanfaatan multimedia sampai pada tahap integrasi ke dalam jaringan.
Buku ini memberikan informasi tentang perencanaan pengajaran yang meliputi dasar sistem pengajaran, kedudukan sistem pengajaran di sekolah, model-model perencanaan pengajaran, kegiatan pembelajaran hingga evaluasi serta pengawasan.
Teknologi pembelajaran tumbuh kembang dari praktik dan gerakan komunikasi audiovisual.
CD ini berisi fail berupa software.
Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran.
Buku ini memberikan informasi mengenai prinsip dan teknik evaluasi pengajaran berkaitan pengetesan, belajar siswa maupun mahasiswa.
Buku ini memberikan penjelasan secara spesifik mengenai aspek pembelajaran seperti pemahaman teori pembelajaran, pengembangan keterampilan mengajar dan pemahaman.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai konsep inti dari pembelajaran kelompok, siapa yang berperan di dalamnya, dan strategi penerapannya.