Kerentanan konflik di antara sesama telah memudarkan rasa solidaritas, toleransi, empati, dan tenggang rasa. Keragaman penerimaan ilmu pengetahuan baik yang diperoleh di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat, tidak menjadi suatu arahan positif bagi pengembangan diri dan lingkungannya. Hal itu menjadi suatu tantangan bagi para praktisi pendidikan untuk dapat melakukan eksplorasi penyeb…
Buku ini berisi hasil observasi bimbingan dan konseling mahasiswa program studi pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi, yang dilaksanakan di SLB Budi Nurani. SLB Budi Nurani ini merupakan sebuah sekolah luar biasa yang peserta didiknya memiliki keterbatasan yakni tunanetra, yang berlokasi di Jl. Lio Balandongan Kelurahan Sudajaya Hilir Kecamatan Baros No.169, Kota Sukabumi.
Buku memberikan penjelasan mengenai pentingnya bimbingan konseling sebagai solusi permasalahan, dan dilengkapi dengan konsep bimbingan konseling, bimbingan di perguruan tinggi, pengertian dan landasan filosofi, hingga terapeutik (penyembuhan).
Buku ini ditulis untuk kuliah-kuliah konseling bagi mahasiswa s1 dan pasca sarjana dalam bidang studi psikologi, pendidikan konselor, pekerjaan sosial, dan pelayanan kemanusiaan serta profesi kesehatan mental.
Mendengar istilah "bimbingan dan konseling" tersirat kesan umum bahwa individu yang berhubungan dengan petugas tersebut sedang bermasalah. pendapat yang lebih tepat adalah bahwa dalam konteks pendidikan, seluruh peserta didik mulai dari jenjang yang paling rendah hingga pendidikan tertinggi perlu mendapat bimbingan dan konseling.
Buku ini merupakan pengembangan dari pihak kampus terhadap realitas hidup mahasiswa.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai kumpulan materi pengajian subuh dan khutbah jum'ah di UPI dan STP Bandung untuk mengembangkan kecerdasan emosional, spiritual dan ahlak mulia.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai makna dan tujuan dari bimbingan, metode inverstigasi dalam bimbingan dan personal hingga evaluasi bimbingan yang dilaksanakan.
Bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah yang sangat penting karena menyajikan berbagai prinsip fundamental yang berkaitan dengan sistem dan metode bimbingan bagi anak didik.