Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial manusia. Melalui pendidikan manusia ingin memperoleh kehidupan yang baik sebagaimana yang dialami orang lain. Bahkan dalam kondisi tertentu seseorang ingin lebih baik dari orang lain. Untuk mewujudkan keinginan dan ke…
Buku ini memberikan penjelasan mengenai familiarisasi, kurikukulum tertutup, ideologi pendidikan, perspektif sosiologi dan studinya tentang pendidikan, kesempatan hidup berpendidikan, dan siapa saja yang mendapatkannya, dan seterusnya.
Buku ini merupakan hasil studi penulis mengenai Kecenderungan Kehidupan di Indonesia Menjelang Tahun 2000 dan Implikasinya terhadap Sistem Pendidikan.
Sumberdaya manusia berkualitas hanya dapat diperoleh melalui pendidikan yang bermutu unggul. Dari sistem pendidikn yang ungggul inilah muncul generasi eqn budaya yang unggul.
Sosiologi pendidikan mampu membuka cakrwala yang luas yang bisa melintas batas baik kelompok etnis, tradisi, budaya dan sebagainya.
Buku ini hadir untuk melengkapi kajian tebtang sosiologi pendidikan. Dalam buku ini dipaparkan sosiologi pendidikan sebagai kajian akademis, struktur dan interaksi sosial.
Pendidikan sebagai proses civilization berlangsung secara terencana dan gradualistik. Dengan kata lain, proses pendidikan tidak muncul begitu saja, tetapi terdapat penataan sistem atau perangkat untuk mengoperasikannya.
Michel Foucault adalah seorang sosiologi dari prancis yang lebih dikenal sebagai filsuf, sejarawan, dan psikologi. ia dikenal pemikirannya mengenai pengetahuan, kekuasaan, disiplin, hukuman, dan seksualitas.