Guru adalah profesi yang luhur dan mulya, banyak orang mengatakan guru adalah pahlawan, walaupun tanpa Menjadi tanda jasa. Yang membuat orang bisa pintar adalah guru, yang mencetak para pemimpin bangsa ini juga guru. Tetapi belakangan banyak pandangan yang sinis terhadap profesi guru, semua ini karena ulah beberapa oknum guru yang tidak bertanggung jawab. Atau juga karena adanya perubahanper…
Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk menilai keprofesionalan diri sendiri dan untuk saling mengamati di antara sesama rekan guru atau calon guru.
Profesi guru menuntut keprofesionalan. Karena itu jabatan guru merupakan jabatan profesional, yang pemegangnya harus memenuhi kualifikasi tertentu. Sebagai profesional, guru harus selalu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan terus menerus. Sebagai jabatan, harus menjawab tantangan perkembangan masyarakat, jabatan guru harus selalu dikembangkan dan dimutakhirkan pembaruan sesuai tunt…
Eksistensi madrasah hingga kini terus dipertanyakan; apakah ia mampu menjawab tantangan zaman ataukah akan tergerus oleh perubahan yang terus-menerus mewarnai kehidupan. Untuk itulah, pembahasan tentang keberadaan guru madrasah menjadi signifikan. Hal ini dikarenakan guru atau tenaga pendidik adalah avant-garde dari eksistensi sebuah lembaga pendidikan. Guru memegang peran penting dalam proses …
Profesionalisasi tenaga kependidikan, termasuk tenaga keguruan menjadi suatu keniscayaan, terutama tatkala pendidikan dan pembelajaran mukin diakui keberadaannya oleh masyarakat. Begitu pentingnya profesionalisasi itu, pada beberapa program di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) ditawarkan matakuliah Profesi Kependidikan atau Profesi Kependidikan sebagai salah satu mata kuliah yang wa…
Dalam buku In Teachers We Trust: The Finnish Way to World-Class Schools, Pasi Sahlberg dan Timothy D. Walker menggunakan tujuh prinsip utama dari sistem pendidikan Finlandia yang dapat membantu membangun komunitas sekolah yang inklusif dan berkembang, menempatkan kepercayaan sebagai unsur utama untuk keunggulan pendidikan. Buku ini menawarkan kontribusi yang dapat diakses, relevan, dan tepat wa…
Terdapat tiga kata kunci utama pada bahasan buku ini yakni kinerja, pemberdayaan, dan motivasi kerja. Masing-masing kata kunci tersebut memiliki definisi operasionalnya dalam lingkup kajian tentang guru. Kinerja dapat dimaknai sebagai unjuk kerja seseorang yang didasari oleh pengalaman, kepemimpinan, pengetahuan, dan keterampilan untuk melaksanakan pekerjaan serta memiliki komitmen yang tinggi …
Pada dasarnya pendidikan adalah memanusiakan manusia. Oleh karena itu hubungan simbiotik antara manusia dan pendidikan tidak bisa dipisahkan. Tanpa pendidikan manusia takkan mampu tumbuh dan berkembang baik fisik maupun psikisnya. Di sisi lain pendidikan sendiri ditujukan hanya untuk manusia, yang artinya manusia adalah satu-satunya makhluk yang mempunyai hak memperoleh pendidikan Pengembang…
Guru adalah garda terdepan paling strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia. Adanya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen tidak serta merta menjadikan kehidupan sosial-ekonomi guru secara keseluruhan membaik. Ada berbagai keterbatasan baik di pihak pemerintah dan guru itu sendiri yang menjadikan kondisi belum ideal. Oleh karenanya buku berjudul Guru Kaya Raya Bahagia in…
Model pengembangan profesionalisme guru madrasah sangat relevan dikembangkan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Sebab guru madrasah yang profesional merupakan kunci sukses bagi pengembangan kreativitas dan kesuksesan peserta didik di masa depan. Model pengembangan profesionalisme guru madrasah yang ditawarkan dalam buku ini adalah penerapan konsep khalifah dan kecerdasan emosional melalui p…
Pada era Revolusi Industri 4.0, yang ditandai dengan ketergantungan tinggi terhadap teknologi informasi yang berdampak besar di bidang pendidikan, guru tidak dapat berdiam diri. Sebagai agen perubahan, guru harus terus-menerus meng-update diri. Dalam mengasah kompetensi profesional khususnya, guru perlu menggiatkan 3M+ (membaca, meneliti, menulis ilmiah, plus melek teknologi). Keterampilan men…
Buku Ini secara global mendeskripsikan tentang Era Revolusi Industri 4.0 yang di hadapi Bangsa Indonesia. Dalam kehidupan modern saat ini, termasuk lembaga pendidikan dihadapkan pada berbagai tantangan perubahan yang sangat cepat dan dang sulit untuk diprediksi, sehingga menuntut setiap organisasi terutama Guru yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran untuk dapat memiliki kemampu…
Bagaimana Menjadi Guru Kreatif? Menjadi guru yang kreatif saat ini tampaknya sudah menjadi suatu keharusan. Sebab guru yang kreatif akan mampu menciptakan proses pembelajaran yang memudahkan peserta didik menerima materi yang disampaikan dengan proses yang menyenangkan. Masalahnya adalah apakah semua guru dapat diarahkan untuk menjadi guru yang kreatif? Buku ini mencoba menyajikan urai…
Tulisan dalam buku kecil ini mencoba meramu berbagai upaya untuk melangkah maju untuk mencapai profesionalisme jabatan guru. Kajiannya secara umum bersifat konseptual teoritis, namun isinya dapat dijadikan pegangan atau rujukan dalam meningkatklan kenerja profesional sebagai guru.
Menjadi guru bagi saya adalah pilihan, bukan pelarian. guru adalah pahlawan dan orangtua kedua bagi murid-muridnya sehingga wajib memberikan pengajaran, teladan, dan kasih sayang yang utuh tanpa pamrih.
Sejak diberlakukannya program sertifikasi guru, guru diharapkan mampu meningkatkan citra profesionalnya dengan kemampuan inovasi dan kreatifnya dalam menangkap dan menanggapi masalah-masalah belajar anak didik secara kreatif dan tepat sasaran.
Buku ini memberikan penjelasan mengenai kumpulan artike bertema peningkatan guru seperti penilaian inetelktual anak, menformulasikan penamipanl secara objektif, pengembangan kemampuan tanya-jawab dan seterusnya.
Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar merupakan satu dari rangkaian seri manajemen peningkatan mutu pendidikan karya ibrahim bafada.