Guru dan anak didik adalah padanan frase yang serasi, seimbang, dan harmonis. Keduanya berada dalam hubungan kejiwaan yang saling membutuhkan. Dalam perpisahan raga, jiwa mereka bersatu sebagai "dwitunggal". Guru mengajar dan anak didik belajar dalam proses interaksi edukatif yang menyatukan langkah mereka ke satu tujuan yaitu "kebaikan". Guru tidak hanya disanjung dengan keteladanannya, tetapi…
Matematika mempelajari tentang konsep-konsep Geometri, Aljabar, Kalkulus, dan Statistika. Konsep-konsep ini saling terkait satu dengan yang lain. Konsep-konsep dalam matematika ini umumnya sangat abstrak. Agar mudah dipahami, dibutuhkan visualisasi yang baik dan tepat terhadap konsep-konsep tersebut. Visualisasi yang baik dan tepat ini akan memberikan kemudahan dalam memahami konsep-konsep m…
Di abad ke-21 seperti sekarang ini, siswa diharapkan bisa menguasai keterampilan kualitas karakter, keterampilan kompetensi dan keterampilan literasi. Supaya seluruh keterampilan itu bisa tercapai dengan maksimal, diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar karena kemampuan inilah yang biasa digunakan untuk pemecahan suatu permasalahan. Kemampuan tersebut adalah kemampuan yang berkaitan langsung…
Kemampuan matematika yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari adalah literasi matematika. Konsep literasi matematika pada dasarnya bukanlah hal yang baru. Istilah yang sama telah digunakan untuk menggambarkan literasi matematika yang bervariasi mulai dari literasi numerasi sampai pada literasi kuantitatif. Definisi yang mendasari literasi matematika masih seperti …
Literasi matematika memiliki peran penting dalam membantu memahami kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis dan untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan dalam memecahkan masalah dalam berbagai konteks dunia nyata. Sehingga dalam permasalahan yang diambil dalam buku ini berkaitan dengan konteks daerah,…
Buku ini menyajikan tentang teari berpikir koneksi reflektif ketika menyelesaikan masalah matematika. Ada 3 teori berpikir reflektif yang disajikan yaitu (1) Koneksi refleksi kompleks, (2) Koneksi refleksi Linear, dan (3) Koneksi refleksi sederhana. Temuan 1: Deskripsi struktur koneksi refleksi kompleks adalah berpikir yang diawali dengan terjadinya perplexity dan melakukan penyelidikan beru…
GeoGebra adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Software ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic. Secara umum ada 3 kegunaan GeoGebra, yaitu sebagai: 1. Alat bantu membuat gambar objek geometri dan grafik fungsi. 2. Menyelesaikan soal matematika…
Buku yang berjudul “Funtasktic; Pendalaman Materi Matematika SMP” merupakan buku yang memuat materi, soal, dan pembahasan, latihan soal dan latihan UN. Buku ini akan membentuk kompetensi peserta didik dalam menyajikan gagasan, pengetahuan konkret maupun abstrak, menyelesaikan permasalahan nyata, serta berlatih berfikir kritis dan kreatif dengan menyenangkan. Buku Funtasktic; Pendalaman Mat…
Tujuan utama buku ini adalah untuk mengenalkan mahasiswa dan para guru Olahraga khususnya di wilayah timur Indonesia yang ingin menjadi pelatih olahraga dengan isu-isu masalah coaching atau kepelatihan olahraga yang dilengkapi dengan teori dan juga metodologi yang berguna untuk memudahkan para pelatih maupun mahasiswa serta para guru olahraga untuk belajar mengambil ilmu dari buku ini guna untu…
Buku-buku pembelajaran secara umum sangat banyak dan dibutuhkan terhadap pendalaman ilmu pengetahuan atau menjadi pedoman implementasi bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Namun, buku-buku strategi mengajar khususnya pada bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Indonesia ini bisa diklasifikasikan masih terbatas sehingga penulis menetapkan penyusunan buku ini sebagai tujuan …
Dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dihadapkan dengan masalah yang berkaitan dengan penerapan matematika. Untuk memahami permasalahan yang berkaitan dengan matematika, tentunya peserta didik terlebih dahulu harus menguasai konsep-konsep matematika dan memerlukan pemahaman literasi matematis dalam menyelesaikannya. Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan memahami dan menggunakan m…
Calon guru matematika perlu menguasai kompetensi matematika pada mata kuliah pendidikan tinggi. Salah satunya adalah kemampuan mendemonstrasikan secara matematis. Kendala mahasiswa dalam belajar Matematika antara lain sulitnya mahasiswa melakukan pembuktian matematis, sehingga dapat dikatakan kemampuan pembuktian matematis rendah. Untuk dapat membimbing calon guru ke arah pencapaian tujuan pemb…
Pengintegrasian beragam teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran adalah salah satu bentuk penyesuaian pembelajaran dengan karakteristik siswa digital native. Pembelajaran bagi siswa digital native walaupun akan dapat terlaksana dengan baik dengan memanfaatkan teknologi, tetapi akan lebih baik lagi jika tidak hanya sekadar membentuk budaya baru dan melupakan budaya warisan ba…
Secara umum buku ini terbagi menjadi dua bagian, dan kedua bagian membahas mengenai teori dasar kombinatorika. Bagian pertama dari buku ini membahas mengenai prinsip-prisip perhitungan dasar seperti prinsip penjumlahan, perkalian, kombinasi, permutasi dan perhitungan peluang diskrit. Selanjutnya dibahas menengenai binomial newton dan prinsip sangkar burung beserta berbagai contoh penerapannya. …
Revolusi Industri 4.0 atau yang kita kenal dengan era digital identik dengan teknologi memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Perubahan dalam sistem pendidikan tentunya akan berdampak pada kurikulum, peran pendidik, dan proses pembelajaran di kelas. Matematika merupakan bagian dari pelajaran yang ada dalam kurikulum, maka proses pembelajarannya harus me…
Buku ini terbit sebagai upaya penulis dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. Dimana terdapat beberapa tantangan yang membuat dunia pendidikan kita sulit beradaptasi dengan dunia revolusi industri 4.0. Salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM). Kemampuan Berpikir Kreatif sangat berperan dalam era revolusi industri 4.0 yaitu suatu proses yang mengkombinasikan berpikir logis dan berpikir diver…
Ketika mendengar kata “desain”, yang tergambar dalam benak kita adalah kegiatan merancang atau membuat perencanaan suatu pekerjaan. Oleh karena itu, kata desain pembelajaran matematika tentunya adalah suatu kegiatan merancang pembelajaran mate-matika, merancang aktivitas guru untuk membelajarkan siswanya. Pemahaman seorang guru ataupun calon guru matematika mengenai desain pembelajaran mate…
Buku yang berjudul Berpikir Matematis Dalam Pemecahan Masalah ini merupakan buku yang dikembangkan untuk menguraikan berpikir, berpikir matematis dan penggunaannya dalam memecahkan masalah berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Mason, Burton, dan Stacey. Buku ini didasarkan atas kebutuhan mahasiswa dan penulis umumnya terkait dengan teori-teori berpikir matematis dalam pemecahan masalah. Buku …
Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang memegang peranan penting dalam pendidikan. Pengembangan ilmu matematika tidak lepas dari esensi filsafat hermeneutika. Hermeneutika dapat diartikan sebagai metode hidup atau membangun hidup. Buku ini memberikan pandangan dan alternatif dalam implementasi pembelajaran matematika di sekolah dasar yang konstruktif menuju pembelajaran revolusi indu…
Ketika diketahui bahwa para siswa tidak mendapatkan nilai yang memadai dari hasil evaluasi sekolah, maka beberapa pertanyaan muncul dalam benak para pendidik, dimanakah letak kesalahan dalam proses pembelajaran? Ada beberapa faktor yang memerlukan kembali penataan ulang pembelajaran seperti desain sistem pendidikan dan strateginya, bobot evaluasi, teori belajar yang mendung sampai pada faktor f…
Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa adalah buku teks klasik pemerolehan bahasa kedua yang digunakan oleh program pendidikan guru di seluruh dunia.
Evaluasi pembelajaran memiliki peran yang sangat dari seluruh kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik, sebab melalui kegiatan ini pendidik dapat menjamin dan memastikan bahwa apa yang mereka kembangkan dan kerjakan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum pendidikan.
Berbeda dari buku yang penulis susun sebelumnya cooperative learning yang cukup detail dan analitis merantgkum sejarah hingga studi-studi aplikatif tentang pembelajaran kooperatif, buku model-model pengajaran dan pembelajaran : isu-isu metodis dan paradigmatis yang ada di tangan pembaca saat ini sifatnya lebih informatif.
Apa yang guru-guru butuhkan untuk meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran? menurut kami, para guru membutuhkan sebuah kerangka (framework) yang memudahkan mereka memahami, menata, dan mengimplementasikan tujuan-tujuan pendidikan.
Perencanaan berkaitan dengan penentuan apa yang akan dilakukan. perencanaan mendahulukan pelaksanaan, karena perencanaan merupakan suatu proses untuk menentukan ke mana harus pergi dan mengidentifikasikan persyaratan yang diperlukan dengan cara yang paling efektif dan efisien.
Pengajaran merupakan aktivitas yang sistematis dan sistemik, terdiri atas banyak komponen. masing-masing komponen pengajaran tidak bersifat persial atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus berjalan secara teratur, saling bergantung, komplementer, dan berkesinambungan.
Profesi sebagai pendidik adalah posisi yang paling strategis dalam sebuah sistem, memiliki kedudukan yang tinggi dan utama dalam islam. guru adalah ujung tombak gerakan perubahan. di pundak seorang guru terpikul tanggung jawab yang agung yaitu membentuk generasi dan mengarahkannya kepada jalan Allah.
pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang melalui upaya pengajaran dengan menitikberatkan pada pembentukan dan pengembangan kepribadian.