Bagaimanapun layanan PAUD yang holistik dan integratif merupakan kebijakan baru yang masih harus terus disosialisasikan aturan dan teknis penerapannya. Sehingga diharapkan pedoman teknis penyelenggaraan pos PAUD ini dpat menjadi acuan masyarakat dalam mengakses dan menginplementasikan program layanan Satuan PAUD Sejenis yang holistik dan integratif tersebut.
Ingatkah dulu sewaktu kecil, kita senang bermain karet, membuat rumah-rumahan dengan kain di atas pohon jambu? Atau, main air di selokan tanpa alas kaki, bahkan main hujan-hujanan, main masak-masakan, serta masih banyak lagi. Memori yang sungguh asyik dan menyenangkan, bukan? Itulah masa bermain. Bagi anak, kebutuhan bermain adalah kebutuhan esensial anak. Jika anak bebas bermain itulah merdeka…
Di tengah pademi COVID-19 keterlibatan orang tua menjadi kunci utama dalam berlangsungnya pendidikan anak selama study at home. Orang tua mempunyai tugas sebagai guru pengganti seperti halnya di lembaga sekolah. Orang tua memberikan pembelajaran dan pendampingan agar minat belajar anak tidak menurun walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah masing-masing. Proses pembelajarannya menggunakan met…
Keterbatasan sistem pembelajaran saat ini menyebabkan guru tidak dapat mengajarkan kemandirian dan meningkatkan kreativitas anak secara langsung, serta memantau anak supaya dapat menyelesaikan tugasnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini terjadi karena pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran daring. Sedangkan, pembentukan kemandirian dan kreativitas anak harus ditanamkan sejak dini se…
Rendahnya literasi anak Indonesia seperti yang ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Word’s Most Literate Nasions Rangked, Indonesian National Assesment Programme, dan Programme for International Student Assesment, perlu mendapat perhatian khusus bangsa Indonesia. Buku ini bertujuan untuk membahas kemampuan literasi anak, kegiatan belajar mengajar di PAUD, dan untuk mengetahui strat…
Satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu layanan PAUD adalah dengan menetapkan standar PAUD nasional. Standarisasi diharapkan akan menghasilkan lembaga PAUD bermutu. Ruh dari standarisasi tersebut adalah perbaikan berkelanjutan. Itulah sebab standarisasi PAUD tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa, terlebih masih ada lembaga PAUD yang penyelenggaraannya masih serba terbatas baik dari…
Tujuan pendidikan PAUD adalah menghasilkan output terbaik sehingga anak didik memiliki bekal yang baik dalam proses pendidikan selanjutnya melalui keberhasilan proses pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran ini dapat diketahui dengan asesmen. Tetapi, asesmen terhadap proses pembelajaran selama ini masih sering diabaikan. Dalam buku ini disajikan mengenai bagian-bagian dalam asesmen pendi…
Buku ini memberikan informasi yang luas kepada masyarakat mengenai kegiatan Market Day dan cara menumbuhkan nilai kewirausahaan pada usia dini, sehingga bagi orang tua maupun guru PAUD atau TK dapat dimanfaaatkan sebagai pedoman atau rujukan dalam pendidikan dan pembelajaran Anak Usia Dini. Kegiatan Market Day merupakan aktifitas pembelajaran enterpreneur, dimana anak-anak diajarkan cara-cara m…
Buku ini memberikan informasi mengenai teknik-teknik strategis melakukan aktivitas pembelajaran sains kepada anak usia yang berada pada tahap golden age (usia emas). Bab di dalamnya meliputi pembahasan pentingnya pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini, cara anak mempelajaran sains, pengembangan program sains, penilaian pembelajaran sains, pelaksanaan pembelajaran, dan permainan sains.