Bagaimanapun layanan PAUD yang holistik dan integratif merupakan kebijakan baru yang masih harus terus disosialisasikan aturan dan teknis penerapannya. Sehingga diharapkan pedoman teknis penyelenggaraan pos PAUD ini dpat menjadi acuan masyarakat dalam mengakses dan menginplementasikan program layanan Satuan PAUD Sejenis yang holistik dan integratif tersebut.
Teknik komunikasi empati untuk memulihkan hubungan orangtua dan anak. Sangat mudah menilai anak nakal kalau kita melihatnya dari perspektif orang dewasa. Padahal, jika mau memahami, ada sejumlah alasan di balik segala tindakan anak. Anak berbohong karena tidak mau mengecewakan orang tua, anak mengambil barang orang lain karena belum tahu konsep kepemilikan, dan anak memaki karena ingin diterima…
Ingatkah dulu sewaktu kecil, kita senang bermain karet, membuat rumah-rumahan dengan kain di atas pohon jambu? Atau, main air di selokan tanpa alas kaki, bahkan main hujan-hujanan, main masak-masakan, serta masih banyak lagi. Memori yang sungguh asyik dan menyenangkan, bukan? Itulah masa bermain. Bagi anak, kebutuhan bermain adalah kebutuhan esensial anak. Jika anak bebas bermain itulah merdeka…
Di tengah pademi COVID-19 keterlibatan orang tua menjadi kunci utama dalam berlangsungnya pendidikan anak selama study at home. Orang tua mempunyai tugas sebagai guru pengganti seperti halnya di lembaga sekolah. Orang tua memberikan pembelajaran dan pendampingan agar minat belajar anak tidak menurun walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah masing-masing. Proses pembelajarannya menggunakan met…
Keterbatasan sistem pembelajaran saat ini menyebabkan guru tidak dapat mengajarkan kemandirian dan meningkatkan kreativitas anak secara langsung, serta memantau anak supaya dapat menyelesaikan tugasnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini terjadi karena pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran daring. Sedangkan, pembentukan kemandirian dan kreativitas anak harus ditanamkan sejak dini se…
Rendahnya literasi anak Indonesia seperti yang ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Word’s Most Literate Nasions Rangked, Indonesian National Assesment Programme, dan Programme for International Student Assesment, perlu mendapat perhatian khusus bangsa Indonesia. Buku ini bertujuan untuk membahas kemampuan literasi anak, kegiatan belajar mengajar di PAUD, dan untuk mengetahui strat…
Satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu layanan PAUD adalah dengan menetapkan standar PAUD nasional. Standarisasi diharapkan akan menghasilkan lembaga PAUD bermutu. Ruh dari standarisasi tersebut adalah perbaikan berkelanjutan. Itulah sebab standarisasi PAUD tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa, terlebih masih ada lembaga PAUD yang penyelenggaraannya masih serba terbatas baik dari…
Tujuan pendidikan PAUD adalah menghasilkan output terbaik sehingga anak didik memiliki bekal yang baik dalam proses pendidikan selanjutnya melalui keberhasilan proses pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran ini dapat diketahui dengan asesmen. Tetapi, asesmen terhadap proses pembelajaran selama ini masih sering diabaikan. Dalam buku ini disajikan mengenai bagian-bagian dalam asesmen pendi…
Saat Berharga Untuk Anak Kita (2009) mengingatkan para orangtua agar dapat menjalin ikatan hati yang kokoh dengan anak sejak dini. Jalinan hati yang kuat antara anak dengan orangtua dapat membuat mereka tumbuh menjadi anak yang berani bereksplorasi dan penuh percaya diri. Tugas orang tua bukanlah sekedar memberikan asupan gizi yang membantu pertumbuhan fisik dan jasmani seorang anak. Lebih…
Buku ini memberikan informasi yang luas kepada masyarakat mengenai kegiatan Market Day dan cara menumbuhkan nilai kewirausahaan pada usia dini, sehingga bagi orang tua maupun guru PAUD atau TK dapat dimanfaaatkan sebagai pedoman atau rujukan dalam pendidikan dan pembelajaran Anak Usia Dini. Kegiatan Market Day merupakan aktifitas pembelajaran enterpreneur, dimana anak-anak diajarkan cara-cara m…
Menghindarkan anak dari kejahatan seksual.
buku ini diharapkan mampu membawa perubahan pada pelaksanaan program kegiatan belajar TK tentang aspek sociallife skill, agar diberikan secara profesional.
Dunia anak, terutama anak usia dini dan taman kanak-kanak, memang identik dengan dunia permainan. Bahkan, saat mengikuti pelajaran di sekolah pun, mereka tak bisa lepas dari permainan.
Buku materi pokok ini merupakan mata kuliah yang memfasilitas mahasiswa dalam upaya memiliki pemahaman atau wawasan yang luas dan menyeluruh tentang pendidikan di SD.
Buku ini memberikan informasi mengenai teknik-teknik strategis melakukan aktivitas pembelajaran sains kepada anak usia yang berada pada tahap golden age (usia emas). Bab di dalamnya meliputi pembahasan pentingnya pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini, cara anak mempelajaran sains, pengembangan program sains, penilaian pembelajaran sains, pelaksanaan pembelajaran, dan permainan sains.
Anak berkebutuhan khusus seringkali dianggap berbeda dengan anak normal, mereka dipandang tak berdaya dan perlu dikasihani. tak hanya itu, dalam interaksi sosial pun mereka cenderung mendapat perlakuan diskriminatif. sikap masyarakat yang demikian menyebabkan banyak keluarga yang ragu atau tidak mengizinkan anak mereka yang berkebutuhan khusus mengakses layanan pendidikan.
Guru yang efektif untuk anak-anak harus mempunyai ketajaman observasi dan bisa menentukan jenis kegiatan yang tepat.
Pendidikan bagi usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran.
Kecerdasan bukan satu-satunya hal yang dapat mewujudkan prestasi gemilang. tidak ada gunanya meningkatkan kecerdasan anak jika tidak dibarengi dengan meningkatkan ketekunan dan ketelitiannya.
pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat menentukan dalam perkembangan anak selanjutnya
buku ini memberikan petunjuk yang benar bagaimana menditeksi potensi anak dan merangsangnya agar berkembang dengan baik.
Mungkin telah banyak buku mengenai cara mendidik anak, baik yang ditunjukan kepada guru dan calon guru maupun yang ditunjukkan kepada oang tua.
Penekanan kuantitas dan kualitas dalam program "pendidikan anak usia dini" (paud) mempengaruhi program pendidikan guru (pengajar) ; seperti halnya juga pada program anak-anak dasar yang begitu beragam, seperti program perkembangan anak umum, pengasuhan anak dalam keluarga, program intervensi awal, head start, dan kecenderungan baru yang semakin mengarah pada program pra-taman kanak-kanak di sek…
Fase pertumbuhan anak ini telah banyak dipahami oleh kebanyakan orang tua dan masyarakat pada umumnya.
Masalah keterlambatan bicara pada anak telah menjadi momok bagi para orangtua. hal ini dikarenakan banyaknya kasus "autisme" dengan keterlambatan bicara, disebut sebagai salah satu gejalanya.
Nilai penting periode anak usia dini bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa yang akan datang, semakin disadari oleh para orangtua.
Kini istilah "edutainment" dalam dunia pendidikan tidak asing lagi, utamanya pada pendidikan anak usia dini (paud) atau prasekolah.
buku ini dimaksudkan untuk memberikan pandauan bagaimana mendirikan PAUD berbasis kemampuan masyarakat tanpa harus menunggu terpenuhinya standar yang dipersyaratkan pemerintah.
Untuk semua orang tua untuk semua orang guru yang mencintai dan peduli pendidikan anank-anak Indonesia.
semua pembahasan dilandasi dengan contoh yang di ambil dari praktek di taman kanak-kanak. Terutama ditonjolkan apa yang dimaksudkan dengan kerja sama termasuk pembagian wewenang dan tanggung jawab didalam team.
buku ini menyajikan Klasifikasi surah-surah yang berkaitan dengan doa para nabi, usul-usul para nabi, figur para nabi, tahapan perkembangan pisikologis para nabi dan lainnya.
buku ini membantu memberikan panduan kepada guru anak usia dini supaya mampu melakukan kegiatan penilaian perkembangan anak dengan baik, tepat dan akuntabel.
inilah dua cuplikan kata-kata mary leonhardt penulis buku yang saat ini sedang anda pegang yang diambil dari karya pertamanya,setelah menulis buku tersebut mery menulis satu buku lagi berjudul,keeping kids reading.