Setiap manusia memiliki keinginan untuk mendapatkan hasil dari apa yang telah mereka kerjakan. Begitu juga dengan suatu pembelajaran yang ada di sekolah, umumnya bagi peserta didik, pendidik, dan orang tua. Masing-masing ingin mengetahui apa saja hasil belajar yang didapatkan melalui evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran adalah pengamatan yang dilakukan oleh pendidikan terhadap hasil bel…
Penilaian yang dilakukan guru adalah kegiatan yang mencakup semua cara yang digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian yang baik memerlukan data yang benar sehingga perlu didukung oleh proses pengukuran yang baik (Mardapi, 2008: 5). Salah satu bentuk program pengukuran yang telah dilakukan pemerintah adalah ujian nasional. Sekolah dapat pula menerapkan program pengukuran …
Pengajaran Remedial diinisiasi dari konsep pembelajaran tuntas (Mastery Learning). Siswa dituntut untuk mencapai indikator capaian atau tujuan yang telah di tetapkan. Sisi lain kemampuan dan gaya belajar siswa sangatlah beragam. Membahas pembelajaran remedia tidak terlepas juga membahas pasangannya yaitu pembelajaran pengayaan. Antara pengajaraaan remedia dan pengayaan sama-sama memfasilitasi k…
Asesmen pembelajaran merupakan suatu kesatuan penting dalam penyusunan program pembelajaran, selain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan media pembelajaran. Indikator-indikator pencapaian kompetensi, baik indikator pengetahuan maupun indikator proses yang dikembangkan dalam RPP diukur ketercapaiannya menggunakan instrumen asesmen pembelajaran. Ketercapaian indikator-indikator…
Di dalam buku ini setidaknya, ada tiga pembahasan penting dalam konteks pengembangan asesmen pendidikan di Indonesia, yakni kurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang snagat penting untuk dibahas dan saling berkaitan satu sama lainnya. Jika merujuk beberapa buku, maka kurikulum berarti pemnjabran tujuan pendidikan yang dijadikan sebuah landasan dari pro…