Manajemen berbasis sekolah (MBS) tampil sebagai paradigma baru pengembangan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat sekitar dengan tekanan pada peningkatan mutu terpadu /total quality managemnet (TQM). Untuk kepentingan tersebut, MBS merupakan kebijakan sangat strategis dalam implementasi pendidikan yang diprakarsai oleh setiap sekolah dan daerah, serta ditindaklanjuti oleh setia…
Pandangan terhadap masih rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari kualitas pengelolaan sekolah. Hal ini sangat beralasan karena output utama sekolah adalah manusia terdidik. Siapakah manusia terdidik itu? Jawabannya sangat tergantung pada penilaian masyarakat. Dari perspektif sosial, penilaian terhadap kualitas sekolah bisa diidentikkan dengan kesesuaian antara karakterist…
Buku yang berjudul Pendidikan Global : branding dan marketing sekolah (sebuah pembelajaran studi kasus) ini disusun atas dasar kebutuhan sekolah sebagai petunjuk marketing sekolah dalam rangka mengembangkan sekolah global. Revolusi teknologi informasi, komunikasi, transportasi yang dahsyat melahirkan era globalisasi. Pada era ini, tidak ada batas-batas negara, benua, dan sebagainya. Dunia ibara…
Kematangan suatu sekolah sangat dipengaruhi oleh dinamika yang dialami baik yang bersumber dari faktor internal maupun eksternal. Pengalaman menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi covod-19 telah memberikan perngalaman tersendiri bagi sekolah sebagai institusi pendidikan. Buku Good Governance dalam Perspektif Organisasi Sekolah berusaha mengurai pandangan masyarakat terhadap keterandalan …
Pendidikan inklusif merupakan sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) belajar di sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya. Hal ini merupakan gagasan mulia dimana ABK yang tidak terjamah atau jauh dari layanan pendidikan dapat mengenyam pendidikan yang sama seperti anak pada umumnya. Namun dalam pelaksanaannya di Indonesia masih ter…
UU Nomor 23 Tahun 2002 pasal 4 tentang perlindungan anak: “bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya.”Sekolah Ramah Anak (SRA) ad…
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan organisasional atau maksud yang nyata. Sementara manajemen pendidikan adalah semua kegiatan sekolah dari yang meliputi usaha-usaha besar, koordinasi, konsultasi, korespondensi, kontrol perlengkapan sampai kepada usaha kecil dan sederhana seperti menjaga sekolah d…