Text
Evaluasi kualitas layanan perpustakaan
Organisasi saat ini menghadapi persaingan yang sangat tajam. Tidak terkecuali perpustakaan. Perpustakaan memang tidak bersaing dengan perpustakaan lain, namun kompetitor perpustakaan semakin banyak. Sebut saja sumber informasi yang berasal dari internet yang kita kenal dengan koleksi digital. Informasi tersebut tidak hanya yang bersifat hiburan, namun juga yang bersifat akademis. Agar perpustakaan tetap bisa bersaing dengan sumber informasi lain maka perpustakaan harus selalu meningkatkan kualitas layanannya kepada pemustaka.
Buku ini membahas perlunya mengevaluasi kualitas layanan di perpustakaan. Pembahasan dimulai dengan menjelaskan perpustakaan dan layanannya di masa kini.
Dianjutkan dengan membahas konsep layanan, kemudian juga konsep kualitas. Pembahasan tentang alat evaluasi kualitas layanan seperti ServQual dan LibQual+TM diberikan lengkap dengan pertanyaan yang biasa dimuat dalam survei. Contoh penerapan survei ServQual dan LibQual+T™ secara sederhana juga diberikan.
Buku ini ditulis oleh sekelompok pustakawan yang sudah sangat berpengalaman. Mereka sudah berkali-kali melakukan survei kepuasan pelanggan (pemustaka) baik menggunakan metode ServQual maupun LibQual+M Survei tersebut mereka lakukan sebagai bagian dari penerapan ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu.
Tidak tersedia versi lain