Text
Matematika berbasis IT : pengembangan media ajar menggunakan software camtasia dan macromedia flash
Bangun ruang diketahui sebagai salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran Matematika yang merupakan bentuk bangun tiga dimensi dengan batas-batas berbentuk bidang datar dan atau berbentuk bidang lengkung. Macam-macam bangun ruang yang dipelajari di sekolah dasar (SD) masih pada aspek bangun ruang sederhana, yakni kubus, balok, prisma, tabung, limas, dan kerucut.
Materi bangun ruang memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, dan termasuk di dalamnya ada materi yang masih sulit dipahami siswa SD. Hal ini terjadi karena siswa SD masih berada pada tahap operasional konkret. Secara umum, guru SD dalam membelajarkan bangun ruang masih cukup abstrak dan kurang dalam pemanfaatan multimedia. Dengan demikian, melalui buku ini penulis menganjurkan untuk memantapkan materi bangun ruang pada siswa, khususnya di kelas IV SD, di mana setelah menggunakan benda konkret dilanjutkan dengan semikonkret berupa multimedia, dan terakhir dengan sarana abstraksi atau simbol-simbol.
Proses pembelajaran bangun ruang yang dapat mengatasi kesulitan belajar siswa secara individu, selain menggunakan benda konkret, adalah dengan memanfaatkan benda semikonkret, yaitu menggunakan multimedia teknologi komunikasi. Adapun multimedia yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, information and technology (IT). Dengan memanfaatkan berbagai keunggulan IT, peningkatan kemampuan siswa dapat dimaksimalkan dalam menyerap konsep-konsep, prosedur, dan algoritma matematika. Kehadiran dan kemajuan IT di era komunikasi global dewasa ini telah memberikan peluang dan perluasan sumber-sumber belajar yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan bantuan IT proses penyampaian dan penyajian materi dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Di sisi lain, kehadiran IT sebagai teknologi baru turut memberikan tantangan kepada para guru secara profesionalisme untuk mampu mengelola informasi sehingga dapat memilih media dan memanfaatkan IT secara efektif dan efisien di dalam proses belajar mengajar.
Tidak tersedia versi lain