Text
Inovasi pendidikan : dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan
Profesionalisasi tenaga kependidikan, termasuk tenaga keguruan menjadi suatu keniscayaan, terutama tatkala pendidikan dan pembelajaran mukin diakui keberadaannya oleh masyarakat. Begitu pentingnya profesionalisasi itu, pada beberapa program di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) ditawarkan matakuliah Profesi Kependidikan atau Profesi Kependidikan sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, mulai dari jenjang Diploma II hingga jenjang Strata I.
Kebutuhan akan guru profesional yang makin mendesak itu sejalan dengan tuntutan akan kapasitas mereka untuk dapat menjadi manajer kelas yang baik, karena disamping melakukan tugas pendidikan dan pembelajaran, guru-guru melaksanakan tugas manajemen atau administrasi kelas. Kemampuan guru di dalam mengelola kelas ini menjadi keniscayaan, bahkan ini merupakan salah satu ukuran dari kemampuan profesional mereka.
Kemampuan lembaga sekolah memenuhi tuntutan itu tidaklah mudah, karena tradisi kerja perguruan tinggi, LPTK yang memproduk calon guru, sudah mengakar. LPTK baru sebatas memacu luaran (out-put), hingga ke tingkat yang mengagumkan, ditandai dengan membludaknya jumlah calon guru. Di lingkungan LPTK, sesungguhnya yang diperlukan saat ini bukan semata jumlah lulusan pendidikan (educationalout-put) yang mengagumkan itu, melainkan dampak pendidikan (educational out-come), berupa utilitas atau daya guna lulusan pada sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Dengan segala kelemahannya, buku ini diharapkan dapat memberi andil dalam kerangka perbaikan kinerja lembaga pendidikan kita.
Tidak tersedia versi lain