Text
Quantum learning : membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan
Isi buku Quantum learning ini berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov,seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai suggestrology atau suggestopedia. Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti memberikan sugesti positif ataupun negative. Beberapa teknik yang digunakannya untuk memberikan sugesti postif adalah mendudukkan murid secara nyaman,memasang music latar di dalam kelas,meningkatkan partisipasi individu,menggunakan poster-poster untuk memberi kesan besar sambil menunjukkan informasi dan menyediakan guru-guru yang terlatih baik dalam seni maupun pengajaran sugestif.
Perlu kita pahami bahwa Quantum learning mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik (NLP),yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak mengatur informasi. Program ini meneliti hubungan antara bahasa dan perilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan jalinan pengertian antara siswa dan guru. Para pendidik dengan pengetahuan NLP mengetahui bagaimana menggunakan bahasa yang positif untuk meningkatkan tindakan-tindakan positif-faktor penting untuk merangsang fungsi otak yang paling efektif. Semua ini dapat pula menunjukkan dan menciptakan gaya belajar terbaik dari setiap orang,dan menciptakan pegangan dari saat-saat keberhasilan yang meyakinkan
Definisi quantum learning sebagai interaksi-interaksi yang mengubah energy menjadi cahaya. Quantum learning menggabungkan sugestologi,teknik pemercepat belajar dan Neuro Linguistik Program (NLP) dengan teori keyakinan dan metode yang tepat.
Buku ini memberikan wacana yang menyegarkan khususnya pemahaman kepada kita mengenai suatu metode pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan, memberikan konsep-konsep kunci dan startegi belajar yang baik, Bahasan mengenai bagaimana dan kapan otak manusia berkembang, cara berfikir otak kanan dan otak kiri, sehingga kita mampu mengembangkan suatu cara belajar yang sesuai dengan karakteristik kita. Salah satu isi buku yang perlu kita ketahui perihal pengenalan kharakteristik diri dan pengembangan metode yang sesuai dengan karakteristik tersebut
Ciri-ciri orang auditorial:
-Mendengar dengan seksama
-Pendengar yang baik
-Mengatakan yang sejujurnya
-Merasa kesulitan menulis,tetapi hebat dalam berbicara
-Lebih suka music daripada seni
-Mengingat apa yang didiskusikan daripada melihat
Cara belajar yang terbaik adalah :
-Membaca dengan keras
-Rekaman
-Music
-Kerja kelompok
-Diskusi dengan teman
-Belajar dengan mendengarkan
Kutipan diatas adalah salah satu karakteristik dan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya, hal tersebut dibahas tuntas dalam buku ini. Tentu setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda sehingga menerapkan metode yang berbeda pula. Jikalau anda merasa bahwa cara belajar anda selama ini kurang efektif, hendaklah buku ini anda jadikan sebuah rujukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar anda. Sepertinya para guru, orang tua, murid buku ini bisa digunakan sebagai rujukan baik agar lebih mengenali karakter dan metode yang tepat untuk setiap siswa dan anak-anak kita
Tidak tersedia versi lain