Text
Etika bisnis dan corporate social responsibility (CSR) berbasis nilai
Buku ini membahas etika bisnis dari berbagai sudut pandang, memulai dengan membahas hubungan antara bisnis dan etika dalam Bab 1. Kemudian menjelaskan bahwa etika bisnis berfungsi sebagai panduan yang esensial bagi pelaku bisnis untuk memenuhi kewajiban mereka dan mematuhi standar masyarakat. Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana etika bisnis terbentuk dan berkembang dengan membahas sejarahnya dari zaman Yunani kuno hingga budaya Jawa di Indonesia.
Bab-bab selanjutnya membahas prinsip-prinsip etika bisnis secara khusus, mulai dari prinsip dasar dalam Bab 2 hingga bagaimana etika diterapkan dalam berbagai aspek bisnis, seperti produksi, pemasaran, dan sumber daya manusia. Bab 3 menunjukkan betapa pentingnya mengetahui dimensi etika dan kemampuan pengambilan keputusan yang baik, dan Bab 4 menunjukkan bahwa etika bisnis adalah bagian penting dari etika profesi yang mengatur tanggung jawab perusahaan.
Selain itu, pembaca diberi kesempatan untuk memahami pengaruh etika bisnis dalam era modern, termasuk penerapan etika dalam konteks teknologi dan bisnis online (Bab 11). Bab-bab terakhir buku ini membahas peran etika dalam berbagai sistem ekonomi, termasuk kapitalis, sosialis, dan pasar bebas. Buku ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang etika bisnis dalam mencapai kesuksesan jangka panjang dan pembangunan bisnis yang berkelanjutan dengan menjelaskan tanggung jawab perusahaan terhadap dampak sosial dan lingkungan (CSR) serta etika dalam industri kreatif.
Singkatnya Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Definisi Dan Sejarah Etika Bisnis
Ruang Lingkup Praktik Etika Bisnis Islami
Hakikat Dan Prinsipumum Etika Bisnis.
Konsep Etika Pemasaran
Konsep Etika Produksi Dan Lingkungan
Konsep Etika Bisnis Berkaitan Dengan Sumber Daya Manusia
Konsep Etika Bisnis Dalam Fungsi Keuangan
Posisi Etika Bisnis Dalam Sistem Ekonomi Dan Etika Di Pasar Bebas, Pasar Monopoli Dan Oligopoli
Konsep Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility)
Konsep Etika Komunikasi (Negosiasi) Bisnis
Konsep Etika Bisnis Jual Beli Online
Konsep Etika Industri Kreatif Dan Kekayaan Intelektual (HKI).
Tidak tersedia versi lain