Text
Potret literasi numerasi di ujung timur Indonesia
Di abad ke-21 seperti sekarang ini, siswa diharapkan bisa menguasai keterampilan kualitas karakter, keterampilan kompetensi dan keterampilan literasi. Supaya seluruh keterampilan itu bisa tercapai dengan maksimal, diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar karena kemampuan inilah yang biasa digunakan untuk pemecahan suatu permasalahan. Kemampuan tersebut adalah kemampuan yang berkaitan langsung dengan keterampilan literasi, salah satunya literasi numerasi. Kemampuan dan keterampilan literasi numerasi tentunya sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, faktanya, proses pembelajaran dalam berliterasi numerasi kurang dibiasakan dalam pembelajaran di sekolah karena guru belum memahami esensi pembelajaran matematika bukanlah kemampuan berhitung, tetapi berpikir logis, kritis, dan sistematis. Oleh karena itu, perlu digalakkan pembelajaran yang bertujuan untuk mengasah kemampuan literasi numerasi di sekolah, khususnya di mata pelajaran matematika, mengejawantahkan keterampilan literasi numerasi, dan digiatkan lagi riset-riset menyoal literasi numerasi dari berbagai aspek kehidupan. Buku ini menyajikan bahasan berbasis hasil tinjauan intensif menyoal literasi numerasi yang dilakukan di ujung timur Indonesia. Sehimpun hasil peninjauan lebih lanjut tentang literasi numerasi di Indonesia ini diharapkan bisa memperkaya khazanah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan matematika, khususnya, dan integrasinya dengan bidang ilmu lain, pada umumnya.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Literasi Matematika Pisa dengan Konteks PON PAPUA XX
Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Konten Space and Shape
Fenomena Literasi Matematika Siswa di Indonesia Berdasarkan Hasil Pisa
Pengenalan Literasi Matematikan dengan Permainan Kartu
Student’s Obstacle in Solving Pisa Like Task : An Error Analysis
Exploring Lower Student’s Ability in Solving Pisa Mathematics Problem
Tidak tersedia versi lain