Perpustakaan UMMI

Universitas Muhammadiyah Sukabumi

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Mahasiswa
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penyetaraan vertikal dengan pendekatan klasik dan item response theory : teori dan aplikasi
Penanda Bagikan

Text

Penyetaraan vertikal dengan pendekatan klasik dan item response theory : teori dan aplikasi

Anak Agung Purwa Antara - Nama Orang;

Penilaian yang dilakukan guru adalah kegiatan yang mencakup semua cara yang digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian yang baik memerlukan data yang benar sehingga perlu didukung oleh proses pengukuran yang baik (Mardapi, 2008: 5). Salah satu bentuk program pengukuran yang telah dilakukan pemerintah adalah ujian nasional. Sekolah dapat pula menerapkan program pengukuran pada tingkat kelas maupun pada tingkat sekolah baik berupa tes formatif maupun tes sumatif. Semua kegiatan pengukuran yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memperoleh informasi tentang perkembangan kualitas hasil belajar baik pada tingkat kelas, tingkat sekolah maupun tingkat nasional sehingga dapat digunakan sebagai bahan kajian dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Penerapan program pengukuran yang bermutu dapat mendorong semua komponen yang terlibat dalam proses pembelajaran, terutama guru dan siswa untuk melakukan upaya-upaya dalam pencapaian kualitas hasil belajar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Guru hendaknya selalu meningkatkan pengetahuan dan memperluas penguasaan materi pelajaran sehingga mampu menyusun alat ukur (tes) yang berkualitas untuk digunakan mengukur ketercapaian program pembelajaran yang telah dilakukannya. Melalui tes yang berkualitas diharapkan diperoleh informasi yang akurat tentang hasil belajar dan perkembangan hasil belajar siswanya.

Buku ini terdiri dari enam bab yang dimulai dari uraian tentang pentingnya metode penyetaraan atau equating dalam memantau perkembangan kemampuan kognitif siswa dalam suatu program pendidikan, dilanjutkan pembahasan tentang pengukuran pendidikan, konstruksi tes, konsep validitas dan reliabilitas, metode penyetaraan dan contoh pengaplikasian metode penyetaraan dalam mengestimasi perkembangan kognitif siswa.

Buku ini dapat digunakan guru atau mahasiswa calon guru sebagai referensi dalam melakukan pengukuran hasil belajar.


Ketersediaan
#
My Library (Golongan 300) 371.272 PUR p
PU16976
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.272 PUR p
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish., 2020
Deskripsi Fisik
viii, 154 hlm. : ilus. : bib. ; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-0755-6
Klasifikasi
371.272
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subjek
Pembelajaran -- Evaluasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Anak Agung Purwa Antara
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UMMI adalah perpustakaan perguruan tinggi terakreditasi Unggul yang berada di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Pengguna Perpustakaan UMMI yaitu sivitas akademika UMMI, namun terbuka juga untuk masyarakat luas.Perpustakaan UMMI memiliki berbagai jenis bahan pustaka, diantaranya buku teks, ensiklopedia, prosiding, kamus,  terbitan berkala (majalah, koran, jurnal), laporan karya ilmiah,laporan penelitian, skripsi dan lain-lain.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?