Perpustakaan UMMI

Universitas Muhammadiyah Sukabumi

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Mahasiswa
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Literasi matematika : upaya meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa melalui kegiatan pembelajaran
Penanda Bagikan

Text

Literasi matematika : upaya meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa melalui kegiatan pembelajaran

Rahma Muti’ah - Nama Orang; Irmayanti - Nama Orang; Siti Zahara Saragih dkk - Nama Orang;

Kemampuan matematika yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari adalah literasi matematika. Konsep literasi matematika pada dasarnya bukanlah hal yang baru. Istilah yang sama telah digunakan untuk menggambarkan literasi matematika yang bervariasi mulai dari literasi numerasi sampai pada literasi kuantitatif. Definisi yang mendasari literasi matematika masih seperti definisi yang diberikan berikut: “the knowledge and skills required to apply arithmetic operations, either alone or sequentially, using numbers embedded in printed material” sampai pada “the ability to cope confidently with the mathematical needs of adult life” (Cohen, 2001). Riedesel (1996) berpendapat bahwa matematika ialah kumpulan dari kebenaran dan aturan, ilmu matematika bukan sekedar hanya berhitung saja. Matematika merupakan suatu bahasa, kegiatan untuk pembangkitan masalah serta untuk memecahkan suatu masalah, kegiatan untuk menemukan serta untuk mempelajari pola dan hubungan. Matematika sangat dibutuhkan manusia dalam pemecahan berbagai persoalan hidup.

Meskipun demikian, proses pembelajaran di sekolah tampaknya lebih berfokus pada konten bukan pada kemampuan yang diharapkan. Selain itu, belum tersebarnya tentang literasi matematika juga menyebabkan kurangnya bahan ajar yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. Selama ini proses pembelajaran yang ada di sekolah hanya menggunakan buku peserta didik seperti BSE atau yang lainnya yang lebih banyak memuat konsep dasar matematika dan sedikit soal yang berhubungan dengan permasalahan yang sesuai dengan situasi. Oleh karena itu, diperlukan modul atau bahan ajar yang dapat diselipkan dalam pembelajaran matematika di sekolah sehingga baik guru maupun peserta didik lebih mengenal tentang literasi matematika.

Tujuan dari proses pendidikan di sekolah adalah mutu lulusan yang berhubungan langsung dengan mutu sekolah tersebut. Tinggi atau rendahnya mutu dari sebuah kegiatan pendidikan di sekolah salah satunya dapat dilihat dari tinggi atau rendahnya skor PISA yang diperoleh siswa. Literasi matematika dalam kerangka PISA 2012 (Programme for International Student Assessment) Matematika didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, fakta, sebagai alat untuk mendeskripsikan, menjelaskan serta memprediksi suatu fenomena atau kejadian. Literasi matematis dapat membantu individu untuk mengenal peran matematika di dunia nyata dan sebagai dasar pertimbangan dan penentuan keputusan yang dibutuhkan oleh masyarakat (OECD, 2010: 4).

Diharapkan dengan adanya buku ini bisa menjadi pedoman dan membantu pendidik, orang tua, siswa dan masyarakat pada umumnya untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi matematika mereka. Hal ini karena kemampuan literasi matematika menjadi salah satu indikator dan variabel pengaruh terhadap keberhasilan siswa. Di dalam buku ini juga menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang tepat yang dapat digunakan oleh orang tua dalam memberikan dukungan sosial keluarga untuk membantu anak meraih prestasi dan cita-cita yang diinginkan. Bagi pendidik terutama pendidik mata pelajaran matematika untuk lebih memahami langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi matematika mereka.


Ketersediaan
#
My Library (Golongan 500) 510.7 RAH l
PU16972
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
510.7 RAH l
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish., 2020
Deskripsi Fisik
vi, 141 hlm. : ilus. : bib. ; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-0473-9
Klasifikasi
510.7
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subjek
Matematika -- Studi dan pengajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahma Muti’ah, Irmayanti, Siti Zahara Saragih dkk
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UMMI adalah perpustakaan perguruan tinggi terakreditasi Unggul yang berada di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Pengguna Perpustakaan UMMI yaitu sivitas akademika UMMI, namun terbuka juga untuk masyarakat luas.Perpustakaan UMMI memiliki berbagai jenis bahan pustaka, diantaranya buku teks, ensiklopedia, prosiding, kamus,  terbitan berkala (majalah, koran, jurnal), laporan karya ilmiah,laporan penelitian, skripsi dan lain-lain.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?