Text
Penuntun pengembangan bahan ajar materi diferensial berbasis model apos berbantuan geogebra
Pembelajaran matematika ada pada setiap jenjang pendidikan. Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang wajib dipelajari oleh peserta didik di sekolah. Tujuan belajar matematika yang ditetapkan pemerintah melalui Permen 23 Tahun 2006 yaitu 1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan juga mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah; 2. Menggunakan penalaran pada pola sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika; 3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh; 4. Mengomunikasikan gagasan dengan symbol, table, diagram, atau media lain yang memperjelas keadaan atau masalah; 5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet percaya diri dalam penyelesaian masalah.
Buku penuntun ini memuat permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dalam mempelajari materi diferensial. Selain itu buku ini dilengkapi dengan materi diferensial yang dipelajari pada tingkat SMA, model pembelajaran APOS, penjelasan mengenai software GeoGebra, serta contoh RPP dan LKPD yang dikembangkan dari indikator pada materi diferensial dengan menggunakan model APOS dan software GeoGebra.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya:
Permasalahan Pembelajaran Diferensial
Kerucut Pengalaman Edgar Dale
Model Pembelajaran APOS
Geogebra
Merancang RPP dan LKPD
Tidak tersedia versi lain