Perpustakaan UMMI

Universitas Muhammadiyah Sukabumi

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Mahasiswa
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Panduan class dojo ceniga bali : menilik etnomatematika dengan teknologi
Penanda Bagikan

Text

Panduan class dojo ceniga bali : menilik etnomatematika dengan teknologi

Ika Desi Budiarti - Nama Orang;

Pengintegrasian beragam teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran adalah salah satu bentuk penyesuaian pembelajaran dengan karakteristik siswa digital native. Pembelajaran bagi siswa digital native walaupun akan dapat terlaksana dengan baik dengan memanfaatkan teknologi, tetapi akan lebih baik lagi jika tidak hanya sekadar membentuk budaya baru dan melupakan budaya warisan bangsa yang sarat akan filosofi kehidupan. Teknologi dan budaya dapat berjalan beriringan bersama dalam kegiatan belajar siswa digital native.

Etnomatematika merupakan penerapan konsep matematika di dalam budaya. Di daerah Bali yang terkenal ke mancanegara karena adat dan budaya, banyak ditemukan penerapan konsep matematika di dalamnya. Salah satunya adalah Ceniga Bali. Khusus pada materi transformasi geometri, Ceniga Bali dapat digunakan sebagai sumber belajar autentik berbasis budaya. Dan agar dapat berjalan sesuai dengan karakteristik siswa digital native, maka pemanfaatan Ceniga Bali perlu dibarengi dengan pemanfaatan teknologi, yang dalam buku ini difokuskan kepada pemanfaatan teknologi kelas maya teranyar, yaitu Class Dojo.

Buku ini merupakan panduan penerapan Class Dojo dalam pembelajaran matematika dengan setting flipped classroom (kelas terbalik) yang dilengkapi dengan pemanfaatan konten Etnomatematika Ceniga Bali. Selain untuk guru, buku ini juga dilengkapi dengan panduan untuk siswa dan orang tua, sebab dalam penerapan pembelajaran berbasis Class Dojo, pendampingan orang tua sangat berarti bagi perkembangan aktivitas belajar siswa. Sehingga dapat dikatakan, buku ini merupakan pemaparan perpaduan penerapan teknologi dan budaya dalam pembelajaran matematika kekinian yang memang dibutuhkan oleh siswa digital native.


Ketersediaan
#
My Library (Golongan 500) 510.7 IKA p
PU16975
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
510.7 IKA p
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish., 2020
Deskripsi Fisik
xii, 108 hlm. : ilus. : bib. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-0696-2
Klasifikasi
510.7
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subjek
Metode belajar
Matematika -- Studi dan pengajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ika Desi Budiarti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UMMI adalah perpustakaan perguruan tinggi terakreditasi Unggul yang berada di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Pengguna Perpustakaan UMMI yaitu sivitas akademika UMMI, namun terbuka juga untuk masyarakat luas.Perpustakaan UMMI memiliki berbagai jenis bahan pustaka, diantaranya buku teks, ensiklopedia, prosiding, kamus,  terbitan berkala (majalah, koran, jurnal), laporan karya ilmiah,laporan penelitian, skripsi dan lain-lain.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?