Text
Model discovery learning
Melalui program-program experimental learning seperti model pembelajaran Discovery Learning (DL) berbasis kearifan lokal yang diintergasikan dengan MBKM yang fleksibel diharapkan akan dapat menfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya, serta dapat meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills..
Pengenalan pada kearifan lokal merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu agar menjadi individu yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal daerah setempat yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan. Kecerdasan akademik dalam pendidikan tidaklah cukup tanpa adanya penanaman nilai moral dan karakter yang kuat.
Berdasar pada ulasan singkat tersebut maka buku ini disusun empat bab, Bab 1 adalah pendahuluan, membahas tentang latar belakang dan masalah yang dihadapi oleh lembaga pendidikan tinggi dan situasi yang dialami oleh mahasiswa terkait dengan lingkungannya yang sedang berubah. Bab dua berisi tentang berbagai macam teori terkait dengan model discovery Learning, seperti apa karakteristik dan tujuannya Model Discovery Learning dan Langkah-langkah penerapannya, bagaimana kelebihan dan Kekurangannya. Selain itu dibahas juga mengenai Kearifan Lokal, khususnya di Sulawesi Selatan yang dapat memberi penguatan pada karakter mahasiswa. Bab tiga berisi tentang teori belajar yang mendasari Model Discovery Learning dan terakhir Bab empat membahas tentang langkah-langkah penerapan Model Discovery Learning dalam proses pembelajaran.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Pendahuluan
Kerangka Teori
Teori Belajar yang Mendasari
Langkah-Langkah Penerapan Model Pembelejaran Discovery Learning
Tidak tersedia versi lain