Perpustakaan UMMI

Universitas Muhammadiyah Sukabumi

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Mahasiswa
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan JIGSAW melalui pendekatan saintifik
Penanda Bagikan

Text

Model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan JIGSAW melalui pendekatan saintifik

FX. Agus Hariyanto - Nama Orang;

Peran model pembelajaran yang diadopsi Kurikulum 2013 dinilai mempunyai peran yang besar dalam dunia pendidik dalam melayani generasi zaman now. Pembelajaran perlu dirancang secara tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran idealnya mengupayakan agar peserta didik setelah selesai belajar dapat memanfaatkan hasil-hasil pembelajaran sebagai bekal hidup dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat. Dalam pembelajaran banyak model yang dapat adopsi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang komprehensif ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.

Pemilihan pendekatan pembelajaran ini dipandang mampu mencapai tujuan pendidikan yaitu keseimbangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam diri siswa. Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach). Pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning) memiliki potensi untuk mendorong siswa lebih aktif, mandiri, sesuai dengan belajarnya masing-masing, sesuai dengan perkembangan usia siswa, irama yang dipandu agar terus dinamis dan mempunyai kompetensi yang tinggi. Cooperatif Learning merupakan salah satu model dalam pembelajaran yang berorientasi pada siswa.

Model pembelajaran kooperatif seperti Teams Games Tournament (TGT) dan Jigsaw, merupakan model pembelajaran Cooperatif Learning. Dalam pembelajaran kooperatif didasarkan pada prinsip bahwa siswa harus belajar bersama dan bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri dan pembelajaran teman-teman dalam satu kelompok. Tercapainya tujuan dan kesuksesan kelompok bila semua anggota kelompok benar-benar mempelajari materi yang ditugaskan. Pembelajaran kooperatif dengan melibatkan dalam kelompok pembelajaran teman sebaya lebih mudah ditangkap dengan cara bahasa mereka.

Buku ini terdiri dari 4 Bab. Pada Bab pertama dipaparkan mengenai belajar, teori belajar, dan hasil belajar. Pada Bab 2 dan 3 dipaparkan mengenai model kooperatif tgt dan jigsaw serta pendekatan saintifik dan pembelajaran efektif. Pada Bab 4 dipaparkan mengenai penelitian menguji keefektifan model tgt dan jigsaw melalui pendekatan saintifik.


Ketersediaan
#
My Library (Golongan 300) 371.3 AGU m
PU17018
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 AGU m
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish., 2019
Deskripsi Fisik
x, 122 hlm. : ilus. : bib. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-209-916-6
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subjek
Metode belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FX. Agus Hariyanto
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UMMI adalah perpustakaan perguruan tinggi terakreditasi Unggul yang berada di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Pengguna Perpustakaan UMMI yaitu sivitas akademika UMMI, namun terbuka juga untuk masyarakat luas.Perpustakaan UMMI memiliki berbagai jenis bahan pustaka, diantaranya buku teks, ensiklopedia, prosiding, kamus,  terbitan berkala (majalah, koran, jurnal), laporan karya ilmiah,laporan penelitian, skripsi dan lain-lain.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?