Text
Penelitian tindakan sekolah
Dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru tersirat bahwa kepala sekolah/madrasah dapat melakukan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan pengelolaan di sekolah/madrasah sekaligus pula sebagai sarana pengembangan profesi kepala sekolah/madrasah secara pribadi. PTS merupakan suatu jenis penelitian yang dilaksanakan berdasarkan pada permasalahan yang dialami sekolah/madrasah sebagai latar belakang penelitiannya.
Dalam buku ini termuat berbagai informasi terkait dengan penyusunan penelitian tindakan sekolah, mulai dari penyusunan proposal, pembuatan laporan, evaluasi hingga teknik pengumpulan data. Dalam buku ini dijelaskan langkah-langkah pelaksanaan penelitian tindakan sekolah dan bagaimana menyusun laporannya. Selain itu, dipaparkan pula berbagai teknik pengumpulan data termasuk di dalamnya penjelasan berbagai jenis data dan bagaimana cara memperolehnya.
Buku ini sangat penting dibaca oleh praktisi dan peneliti di bidang pendidikan, terutama kepala sekolah dan pengawas. Buku ini dapat menjadi referensi dan sumber informasi bagi penerapan serta penyusunan penelitian tindakan sekolah.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Konsep Penelitian Tindakan Sekolah
Penyusunan Proposal dan Laporan PTS
Evaluasi Laporan PTS
Teknik Pengumpulan Data
Tidak tersedia versi lain