Text
Pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam konteks pengelolaan kelas
Permasalahan pokok yang sering dihadapi oleh setiap guru dan tentunya juga guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ketika berada di dalam kelas atau masuk kelas untuk mengajar, yaitu masalah pembelajaran dan masalah manajemen atau pengelolaan.
Masalah pembelajaran adalah usaha atau upaya guru untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran secara langsung; dan sebenarnya masalah pembelajaran yang muncul harus diatasi dengan cara pembelajaran. Untuk itulah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti wajib memiliki kompetensi profesional yang mengharuskannya menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam; dan ditunjang pula dengan kompetensi kepribadiannya.
Adapun masalah pengelolaan adalah usaha atau strategi guru untuk menciptakan, mempertahankan dan mengendalikan kondisi pembelajaran sedemikian rupa sehingga pelaksanaan proses pembelajaran berjalan lancar tanpa kendala atau dapat berjalan secara efektif dan efesien; sedangkan masalah pengelolaan yang terjadi harus diatasi dengan cara pengelolaan. Dari sinilah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus memiliki kompetensi pedagogik yang menuntutnya mengelola pembelajaran dan lebih khusus lagi mengelola kelas secara efektif dan efesien; dan ditupang pula dengan kompetensi sosialnya.
Buku ini mengupas secara substansial tentang pengertian, fungsi dan tujuan, ruang lingkup dan karakteristik, sorotan dan solusi atas sorotan, KI dan KD, Silabus dan RPP, persyaratan pelaksanaan serta implementasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Juga secara umum buku ini memaparkan tentang peranan dan kompetensi guru, pengertian, fungsi dan tujuan, ruang lingkup, prinsip, dan strategi pengelolaan pembelajaran. Selain itu, buku ini secara esensial membahas tentang pengertian, fungsi dan tujuan, ruang lingkup bersifat fisik dan nonfisik, pendekatan dan prinsip, keterampilan bersifat preventif dan represif, strategi serta teknik keterampilan pengelolaan kelas.
Tidak tersedia versi lain