Text
Pengajaran remedial
Pengajaran Remedial diinisiasi dari konsep pembelajaran tuntas (Mastery Learning). Siswa dituntut untuk mencapai indikator capaian atau tujuan yang telah di tetapkan. Sisi lain kemampuan dan gaya belajar siswa sangatlah beragam. Membahas pembelajaran remedia tidak terlepas juga membahas pasangannya yaitu pembelajaran pengayaan. Antara pengajaraaan remedia dan pengayaan sama-sama memfasilitasi kebutuhan belajar siswa. Bagi siswa yang memiliki kemampuan belajar cepat akan difasilitasi kebutuhan belajarnya lebih lanjut dengan pengayaan, sedangkan bagi siswa yang belajarnya mengalami keterlambatan, tidak mencapai target yang sudah di tetapkan maka akan memperoleh perlakukan pembelajaran remedial. Membahas pembelajaran remedial bukan hanya sebatas pada perlakuan terhadap siswa agar pembelajaran dapat diulang sampai pada target yang diharapkan melainkan lebih dari itu. Proses pembelajaran remedial merupakan pembelajaran yang diberikan kepada siswa dalam kondisi psikologis, fisik dan keadaan siswa sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dari hasil diagnosis hasil belajar sebelumnya. Ada berbagai macam skema pembelajaran remedial dapat diberikan kepada siswa sesuai dengan tingkat kesulitan belajarnya, kesiapannya, maupun perlakuan yang dibutuhkan siswa untuk dapat mencapai hasil belajar maksimal. Pendidik mesti memahami bahwa setiap siswa akan mencapai target belajarnya sesuai dengan kemampuannya, sehingga dibutuhkan berbagai skema yang disebut dengan pembelajaran remedial. Inilah diantara sisi menariknya membahas pembelajaran remedial dalam buku ini.
Tidak tersedia versi lain