Text
Pembelajaran era 4.0 : integrasi penguatan pendidikan karakter, keterampilan abad 21, hots, dan literasi dalam perspektif merdeka belajar
Pendidikan saat ini dihadapkan dengan tantangan besar abad 21. Suatu era yang dinamai Revolusi Industri 4.0 bercirikan serba digitalisasi, teknologi multifungsi, hingga hadirnya kecerdasan buatan (artificial intelligence). Hal ini telah mendobrak zona kemapanan manusia yang selama ini dibangun, termasuk dalam dunia pendidikan. Situasi disrupsi menuntut kebaruan praktik pendidikan yang dalam buku ini digunakan istilah Pembelajaran Era 4.0. Tidak semata-mata mengakomodasi tuntutan zaman namun Pembelajaran Era 4.0 menyiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan: membangun masyarakat baru, Society 5.0. Kebutuhan penting pada era 4.0 meliputi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), keterampilan abad 21 yakni 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation), HOTS (Higher Order Thinking Skill), dan literasi. Buku ini menawarkan secara holistik praksis gagasan pembelajaran milenial yang mengintegrasikan keempat hal tersebut. Sebagai pancatan buku ini dibuka dengan paradigma pendidikan di era disrupsi. Klimaksnya disuguhkan pokok-pokok mengenai desain pembelajaran era 4.0 sampai contoh RPP yang terbaru.
Tidak tersedia versi lain