Text
Model pembelajaran multipel representasi : pembelajaran empat fase dengan lima kegiatan: orientasi, eksplorasi imajinatif, internalisasi, dan evaluasi edisi 2
Buku yang berjudul Model Pembelajaran Multipel Representasi ini merupakan buku hasil penelitian pengembangan yang telah penulis lakukan sejak Tahun 2009 hingga Tahun 2014. Pengembangan model pembelajaran tersebut didasarkan atas teori belajar konstruktivisme, teori pemerosesan informasi, teori duel coding, dan teori Schönborn–Anderson. Model pembelajaran ini dikembangkan dengan cara mengintegrasikan kerangka pembelajaran IF-SO dengan teori Schönborn–Anderson. Tujuannya adalah untuk membelajarkan konsep-konsep sains yang bersifat abstrak melalui interkoneksi diantara tiga level fenomena sains (makro, mikro, dan simbolik), sehingga dapat membantu siswa/mahasiswa dalam mengoptimalkan potensi imajinasi untuk membangun model mental, keterampilan berpikir tingkat tinggi, metaphor, menumbuhkan efikasi diri yang tinggi, dan meningkatkan penguasaan konsep.
Model pembelajaran yang dikembangkan tersebut memiliki sintak 4 fase dengan 5 kegiatan (5-si) yaitu orientasi, eksplorasi–imajinasi, internalisasi, dan evaluasi, yang selanjutnya dinamakan Model Pembelajaran Si-Lima Layang-Layang atau disingkat SiMaYang. Model pembelajaran SiMaYang tersebut memiliki ciri kolaboratif, kooperatif dan imajinatif.
Tidak tersedia versi lain