Text
Perkembangan peserta didik
Serupa tapi tak sama. Definisi dari pertumbuhan dan perkembangan jika telaah dari sudut pandang psikologi jauh berbeda. Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan secara kuantitatif pada fisik manusia karena beberapa faktor (faktor internal dan eksternal). Sedangkan perkembangan diartikan perubahan secara kualitatif pada ranah jasmani dan rohani manusia yang saling berkesinambungan menuju ke arah sempurna. Pertumbuhan ada batasnya, namun perkembangan terjadi sepanjang hayat.
Buku ini membahas 7 aspek perkembangan manusia (peserta didik) yang meliputi perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral, perkembangan fisik motorik dan perkembangan agama. Ketujuh aspek ini semestinya berkembang secara berkesinambungan pada diri seorang anak yang artinya secara fisik, psikis dan hati harus bersinergi. Buku ini cocok untuk dibaca oleh orang tua, pendidik (dosen dan guru) maupun khalayak luas sebagai pedoman mengetahui dan menelaah proses-proses perkembangan pada diri seorang anak.
Tidak tersedia versi lain