Text
Pengembangan koperasi dan UMKM generasi 4.0 : maju, modern, dan mampu bersaing di pasar domestik dan global
Eksistensi dan peran Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dalam perekonomian nasional tidak diragukan lagi. Institusi ekonomi kerakyatan ini dalam kiprahnya telah mampu memberikan kesempatan kerja yang besar. Bahkan telah menjadi sumber pendapatan utama maupun sekunder bagi banyak rumah tangga pada kelompok masyarakat menengah ke bawah. Sebelum pandemi Covid-19, data kementerian Koperasi dan UKM RI menunjukkan lebih dari 99 persen perusahaan di Indonesia adalah UMKM. Kontribusi KUMKM terhadap PDB Indonesia sebesar 59 persen, sedangkan kontribusi terhadap lapangan kerja sebesar 97 persen. Namun saat ini Ekspor UMKM baru 14 persen di tengah tantangan besar, masuknya barang konsumsi impor (https://www.liputan6.com).
Peran dan kontribusi KUMKM secara potensial tidak hanya dilihat dari perspektif penguatan struktur makro ekonomi nasional. Namun pada level mikro ekonomi institusi ekonomi ini harus menjadi pilar utama dalam mengangkat ekonomi berbasis kerakyatan. Salah satunya adalah menjadi sarana tumbuh dan berkembangnya para pelaku bisnis dalam skala mikro, kecil dan menengah yang kelak nanti mampu bermetamorfosis (naik kelas) menjadi pelaku usaha dalam skala besar. Banyak KUMKM yang sebenarnya sehat, tetapi mindset kewirausahaan tidak mau naik kelas dan tidak mau berkembang. Spirit ini harus didukung dengan kemampuan bertransformasi dalam merespons tuntutan dunia bisnis di era industri 4.0. Seperti ditunjukkan dengan pesatnya perkembangan usaha-usaha rintisan (startup), unicorn, dan berbagai bisnis online saat ini yang berbasis teknologi digitalisasi.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Prolog
Tinjauan Pustaka (Konsep Koperasi dan UMKM, Strategi Pengembangan)
Skema Penindaklanjutan ( Jenis Penelitian dan Objek Penelitian, Lokasi dan Waktu Penelitian, dsb)
Potensi Unggulan Provinsi Maluku Utara
Potensi dan Tantangan Pengembangan Koperasi dan UMKM di Provinsi Maluku Utara
Penentuan Strategi Pengembangan Koperasi dan UMKM Generasi 4.0 dengan Analisis SWOT
Penentuan Strategi Pengembangan Koperasi dan UMKM Generasi 4.0 dengan Analisis AHP
Tidak tersedia versi lain