Text
UMKM digital volution
Perubahan perilaku belanja konsumen dari offline ke online kini semakin terasa. Hal tersebut merupakan salah satu perubahan dalam era revolusi digital 4.0. Untuk itu, buku ini ditulis untuk memberikan wawasan dan strategi kepada pelaku UMKM dalam era revolusi digital 4.0. Apalagi saat pandemi seperti sekarang, inovasi sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha termasuk UMKM dalam meningkatkan profit. Strategi dapat dilakukan dengan memasarkan produk pada platform e-commerce, beriklan pada sosial media, sms ataupun aplikasi. Digital UMKM sangat diperlukan saat ini, baik dari pemasaran maupun aplikasi pencatatan akuntansinya. Harapannya, hal ini dapat membantu UMKM untuk menjadi sukses di platform digital dan dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya secara kompetitif.
Terdapat dua strategi yang dibahas dalam buku ini, pertama adalah strategi kolaboratif dan kedua adalah strategi e-marketing, bagaimana strategi ini diimplementasikan pada UMKM menjadi menarik untuk dibaca dan mudah untuk diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja UMKM. Buku ini dapat dijadikan referensi penelitian dan pengabdian pada UMKM, bagi pemilik usaha sebagai wawasan baru untuk menyusun langkah strategis yang paling tepat menghadapi kondisi ekonomi yang tidak menentu. Selain itu, buku ini dapat dijadikan referensi kegiatan dalam pendampingan UMKM agar UMKM di Indonesia dapat naik kelas.
UMKM harus dapat membaca situasi yang menantang di masa yang akan datang, Bagaimana menyikapi digitalisasi yang semakin banyak harus ditangkap sebagai peluang untuk memperluas pemasaran, meningkatkan nilai produk, dan mengembangkan strategi marketing yang terukur. Hal ini dibutuhkan referensi yang menggambarkan kondisi saat ini dalam digital UMKM. Siapa saja yang dapat membaca peluang tersebut maka mengimplementasikannya pada langkah strategis sehingga kembali pada kondisi new normal sangatlah mudah, bahkan kondisi era perubahan baru, dunia baru yang kita sebut sebagai digital evolution.
Tidak tersedia versi lain