Buku ini menyajikan penjelasan tentang seluk-beluk agribisnis secara detail, baik teori maupun aplikasinya. pembahsan dimulai dari pengenalan konsep agribisnis yang sebenarnya, diikuti dengan aspek produksi pertanian, aspek pengolahan hasil pertanian, dan aspek pemasaran hasil pertanian.
Dengan semakin berkembangnya sektor pertanian, makin mencuat pula arti penting pembangunan sektor tersebut bagi pertumbuhan ekonomi nasional, sebagai pemasok pangan, penyedia lapangan kerja bahkan devisa.
Dalam banyak kenyataan, kelemahan sistem pertanian di negara berkembang termasuk di indonesia, adalah kurangnya perhatian dalam bidang pemasaran.
Walaupun batasan "petani kecil" menjadi pembicaraan dalam banyak pertemuan, namun pengertiannya masih tetap kabur (valdes et al., 1979 ; Wharton 1969a). Walaupun demikian, batasan yang tepat tidak diperlukan untuk mengakui kenyataan keadaan buruk petani kecil atau peranannya yang penting dalam pembangunan dunia.
buku ini dikembangkan dari beberapa tulisan yang pernah ditulis oleh penulis dalam rangka artikel pendukung mata kuliah komunikasi pertanian.
Buku ini disajikanj dalam bentuk dan isi yang sederhana dengan harapan dapat lebih mudah di pahami oleh para pemakai, tentu saja dalam terbitan pertama ini.